Thursday, 17 Syawwal 1440 / 20 June 2019

Thursday, 17 Syawwal 1440 / 20 June 2019

Warga Semangat Ikuti Lomba di Kampung Merdeka

Rabu 17 Aug 2016 14:22 WIB

Rep: C35/ Red: Achmad Syalaby

Anak mengikuti lomba lari bendera pada 17 Agustus

Anak mengikuti lomba lari bendera pada 17 Agustus

Foto: Republika/ A Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Banyak cara untuk memperingati Hari Kemerdekaan  Ke-71 RI tahun ini. Di Kota Tangerang, lomba-lomba yang tak biasa digelar dalam rangka peringatan tersebut. Tak kalah menarik adanya Kampung Merdeka yang turut mengingatkan warga akan perjuangan meraih kemerdekaan Tanah Air.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menjelaskan program Kampung Merdeka tersebut sudah diinformasikan kepada masing-masing kantor kecamatan melalui surat edaran resmi dari Wali Kota. Dalam surat edaran tersebut menyebutkan agar para camat dan lurah dapat memberikan informasi kepada masyarakat untuk memasang bendera dari 1-31 Agustus, serta ikut menyemarakan Kampung Merdeka yang akan digelar di setiap wilayah.

"Diadakannya Kampung Merdeka di setiap wilayah ini bertujuan agar masyarakat mengetahui kalau bulan Agustus adalah bulan kemerdekaan bangsa kita. Dan masyarakat dapat menyambutnya dengan semangat juang," ujarnya pada Rabu (17/8).

Beberapa lingkungan pemukiman warga di Kota Tangerang dimeriahkan dengan atribut-atribut hiasan dengan dominasi warna merah dan putih.  Termasuk Program Kampung Merdeka sesuai surat edaran Walikota Tangerang terkait HUT Kemerdekaan RI. Program Kampung Merdeka berisi tentang lomba kreatifitas antar kampung di Kota Tangerang.

Salah satu Kampung Merdeka di Kecamatan Pinang yang berhasil dikemas meriah.  Camat Pinang Maryono bahkan mengaku sejumlah kegiatan menyemarakkan Kampung Merdeka di setiap wilayah sudah berjalan. Salah satunya kegiatan lomba Palang Pintu khas adat Betawi.

Kegiatan yang biasa digelar saat perhelatan pernikahan itu dilombakan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan RI. Maryono mengatakan, lomba ini diikuti puluhan peserta Palang Pintu dari Jabodetabek. Kegiatan ini dipilih karena di Kota Tangerang banyak komunitas sanggar Palang Pintu. “Lomba ini sekaligus upaya pelestarian budaya Betawi di Kota Tangerang, khususnya Kecamatan Pinang,” katanya.

Menurut Maryono, tidak hanya lomba Palang Pintu saja yang diadakan di kecamatan Pinang. Sunatan Massal juga digelar pada Sabtu (13/8) lalu, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT RI di kecamatan tersebut. 

Warga juga terlihat antusias memperingati HUT RI ke-71 ini. Salah satunya Agung, warga Perumahan Kunciran Mas, Pinang mengaku sudah memasang atribut kemerdekaan dan turut menghias gapura untuk Kampung Merdeka. Menurut dia, hal itu mereka lakukan setelah warga menerima surat edaran yang dibagikan oleh pihak kelurahan.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA