Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Monday, 15 Safar 1441 / 14 October 2019

Penyandang Kejiwaan Diterapi dengan Upacara HUT Kemerdekaan

Rabu 17 Aug 2016 17:06 WIB

Red: Achmad Syalaby

Pasien gangguan jiwa ikut lomba tujuh belasan

Pasien gangguan jiwa ikut lomba tujuh belasan

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Lebih dari seratus penyandang masalah kejiwaan mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Kemerdekaan RI di Panti Bina Sosial Bangun Daya 1, Cengkareng, Jakarta Barat.

"Yang mengikuti apel ini adalah orang dengan masalah kejiwaan yang berada di klaster dua dan tiga. Mereka sudah berada di tahap pengobatan medis dan sosial. Sehingga apel ini bagian dari terapi mereka," Kepala Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Masyudi di Jakarta, Rabu (17/8).

Kegiatan upacara itu diikuti oleh 110 penyandang gangguan kejiwaan yang berlangsung di halaman sasana Panti Bina Sosial Bangun Daya 1. Menurut Masyudi, kegiatan apel itu merupakan bagian dari terapi untuk pengobatan warga binaan panti karena mereka bisa ingat bahwa hari ini mereka memperingati kemerdekaan RI.

Petugas dalam upacara itu adalah petugas panti yang juga telah memberikan pengarahan pada para penyandang masalah kejiwaan agar dapat tertib saat mengikuti kegiatan itu.

"Karena mereka sudah dalam tahap penyembuhan, jadi dalam pemberian pengarahan sudah mudah dilakukan. Mereka sudah mendengar dan mengikuti apa yang kami arahkan," tuturnya.

Dia mengatakan, sebanyak 308 penyandang masalah kejiwaan ditampung di panti yang dikelola oleh pihaknya. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 198 penyandang gangguan kejiwaan tidak mengikuti kegiatan upacara itu karena kondisi mereka yang tidak memungkinkan, yang masih berada di bawah klaster dua dan tiga.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA