Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

BLH Depok Gencar Sosialisasikan Pengolahan dan Pemilahan Sampah

Sabtu 01 Okt 2016 01:38 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Pemilahan sampah (ilustrasi)

Pemilahan sampah (ilustrasi)

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok gencar mensosialisasikan pengolahan dan pemilahan sampah di setiap kecamatan dan kelurahan di Kota Depok. "Setiap minggu, setidaknya kami mengunjungi satu atau lebih kecamatan atau kelurahan untuk mengedukasi masyarakat agar menjaga kelestarian lingkungan dengan mengolah dan memilah sampah," ujar Pelaksana Pemberdayaan dan Konservasi Alam BLH Kota Depok, Maman Suparman, Jumat (30/9).

Menurut Maman, lingkungan bersih, hijau, dan sehat merupakan kebutuhan semua orang. Dengan lingkungan yang bersih dan sehat, maka akan lebih nyaman dalam menjalani segala aktivitas sehari-hari. Selain itu, lingkungan hijau akan menciptakan ketenangan hati dan pikiran serta memberikan efek nyaman bagi mata.

"Jadi, demi terwujudnya hal tersebut, bisa dimulai dari dari pengolahan sampah yang baik agar kawasan sekitar kita bisa lebih asri dan nyaman," terang Maman.

Ia menjelaskan, bahwa di Kota Depok untuk tata kelola sampah dibagi menjadi beberapa bagian. Pertama adalah pemilahan, harus ada minimal tiga tempat sampah untuk dipilah yaitu sampah organik, an-organik, dan Bahan Beracun dan Berbahaya (B3).

Kedua adalah pengumpulan, sampah rumah tangga tidak boleh dibuang menggunakan plastik kresek. Ketiga adalah pengangkutan, dan yang terakhir ialah pengolahan. "Dengan tata kelola sampah yang baik tentu akan menjadikan Kota Bersih dan Hijau," kata Maman.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA