Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Jumat, 19 Safar 1441 / 18 Oktober 2019

Puncak Musim Hujan, Bogor Siaga Darurat

Rabu 01 Feb 2017 22:33 WIB

Rep: santi sopia/ Red: Winda Destiana Putri

Musim Hujan

Musim Hujan

Foto: ABCNews

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Puncak musim hujan tahun 2017 diprediksi akan terjadi pada bulan Januari-Februari. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor kembali menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor.

Penetapan status siaga darurat banjir dan longsor itu, disebabkan karena Kota Bogor masuk dalam daerah rawan longsor dan banjir lintasan dari luapan Sungai Ciliwung dan Sungai Cisadane. Kepala Satlak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan mengatakan kondisi tersebut sebagai bentuk imbauan dan antisipasi datangnya cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi di wilayah Kota Bogor.

"Ya, berdasarkan hasil koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bogor bahwa diprediksi puncak musim hujan 2017 akan terjadi pada bulan Januari-Februari ini. Pemerintah Kota Bogor melalui BPBD kembali menetapkan status siaga darurat banjir longsor sampai bulan Mei 2017," kata Ganjar, Rabu (1/2).

Pihaknya mengimbau warga yang tinggal di wilayah rawan bencana untuk mengantisipasi datangnya puncak musim hujan ini. Warga di sekitar rawan bencana diminta meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan mereka.

"Kami dari BPBD Kota Bogor tentunya tidak berhenti mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh warga Kota Bogor khususnya yang bertempat tinggal di daerah tebingan, curam maupun yang berada di sepanjang bantaran sungai untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaannya," lanjut Ganjar.

Apabila memungkinkan, warga yang tinggal di daerah rawan bencana disarankan untuk sementara dapat mencari tempat yang lebih aman atau mulai mengenal jalur-jalur evakuasi yang mudah dijangkau apabila terjadi bencana longsor dan banjir lintasan.

Ia mengimbau warga peduli dan mencintai lingkungan sekitarnya, menjaga kebersihan, dan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. Diharapkan warga agar menghindari berada di bawah pepohonan tinggi dan kelihatan rapuh apabila sedang terjadi hujan lebat. Hal itu untuk menghindari terjadinya musibah pohon tumbang yang memakan korban. Santi Sopia

Sebelumnya, BPBD kembali menetapkan status siaga darurat banjir dan longsor untuk wilayah Kota Bogor. Penetapan status siaga darurat banjir dan longsor itu dikeluarkan mengingat akan datangnya cuaca ekstrem yang diprediksi akan terjadi di wilayah Kota Bogor.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA