Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Plt Gubernur Resmikan Integrasi Layanan Transjakarta dengan KWK

Senin 03 Apr 2017 10:25 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Bayu Hermawan

Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono

Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono

Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono meresmikan integrasi layanan antara PT. Transportasi Jakarta (Transjakarta) dengan Koperasi Wahana Kalpika (KWK). Menurutnya pengintegrasian Transjakarta dengan KWK merupakan bagian dari visi membenahi transportasi dan tata kota secara keseluruhan.

"Saya kira yang penting ini bagian daripada perwujudan nyatanya," ujar Sumarsono di Balai Kota, Senin (3/4).

Menurut Sumarsono,  sebelum kerjasama, angkutan KWK  menghasilkan pendapatan sebesar Rp. 1.260.000 per pekannya dengan asumsi satu harinya mendapat pemasukan sebesar Rp. 180.000. Kemudian setelah  terintegrasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membayar KWK dengan tarif flat Rp.206.060 per hari dan pendapatan sepekan menjadi Rp.1.442.420.

Sementara itu, Direktur Utama Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan kerja sama antara Transjakarta dengan KWK dalam rangka pengintegrasian angkutan lingkungan sebagai angkutan pengumpan dalam sistem transportasi Jakarta.

"Transjakarta mengintegrasikan layanan angkutan lingkungan yang tersedia saat ini dengan layanan Transjakarta," kata Budi.

Transjakarta dengan KWK menyediakan layanan gratis angkutan lingkungan bagi pelanggan Transjakarta yang berlaku pukul 05.00 WIB –09.00 WIB dan 16.00 WIB–20.00 WIB. Pelanggan cukup menunjukkan kartu layanan gratis pelanggan untuk mendapatkan fasilitas unggulan tersebut.

"Pemilik kartu layanan gratis pelanggan Transjakarta memperlihatkan kartu pada saat naik angkutan lingkungan maka gratis naik angkutan lingkungan, karena itu sudah dipertimbangkan sebagai bentuk layanan jaringan Transjakarta," jelasnya.

Budi menambahkan konsep integrasi Transjakarta dengan KWK akan mendorong peningkatan penggunaan transportasi umum melalui layanan yang terintegrasi antara angkutan lingkungan dan Transjakarta. Selain itu, tentunya memperluas jangkauan dan aksesibilitas layanan.

Kerja sama Transjakarta dengan Koperasi Wahana Kalpika memberikan nilai tambah. Seperti menambah jumlah pelanggan Transjakarta, memperluas jangkauan operasi pelanggan, menghemat biaya perjalanan, dan meningkatkan pelayanan.

"Kemitraan juga membantu KWK meningkatkan standar layanan baik peningkatan spesifikasi teknis unit dan pengelolaan pengemudi," ucapnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA