Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Ini Dia Solusi Kemacetan yang Ditawarkan PT Transjakarta

Jumat 20 Oct 2017 14:34 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Andi Nur Aminah

Bus Tranjakarta yang beroperasi di jalan-jalan ibu kota (ilustrasi)

Bus Tranjakarta yang beroperasi di jalan-jalan ibu kota (ilustrasi)

Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemacetan yang terjadi di berbagai wilayah Jakarta yang disebabkan pembangunan menjadi permasalahan warga Jakarta. PT Transjakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akhirnya menemukan solusi untuk permasalahan tersebut.

Transjakarta akan membuat dua rute baru untuk mengatasi kemacetan tersebut. Rute ekspress dan rute lintas akan diberlakukan mulai senin (23/10) depan. Layanan baru ini akan diberlakukan di beberapa rute dan pada jam-jam tertentu.

Terdapat enam layanan baru dari dua rute tersebut. Di antaranya yaitu rute Lintas Pulogadung-Harmoni (via koridor 10 dan 4), Rute Ekspress PGC-Tanjung Priok (via tol) dan Tanjung Priok-PGC (via tol), Rute Lintas Cililitan-Dukuh Atas (via koridor 10 dan 4), Rute Ekspress Kampung Rambutan-Kampung Melayu (via tol), dan Rute Lintas Monas-Ragunan via (koridor 13).

"Rute Lintas Monas-Ragunan akan melalui koridor 1 langsung ke koridor 13 dengan waktu operasi sejak pukul 15.00 WIB-21.00 WIB. Ini untuk menghindari titik macet parah di Simpang Kuningan dan Mampang akibat proyek pembangunan terowongan di Mampang-Kuningan," ujar Budi Kaliwono, Direktur Utama Transjakarta di Jakarta, Jumat (20/10).

Sementara bagi pelanggan di sekitar Tanjung Priok yang ingin menuju Sudirman Thamrin dan Jatinegara, Semanggi, serta Kuningan disediakan rute Ekspress Pulogadung-Harmoni melalui koridor 2, koridor 4, koridor 10, dan koridor 5. Layanan baru ini tersedia pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB. Rute tersebut diharapkan akan menjadi solusi kemacetan di Senen akibat pembangunan terowongan.

Ada juga rute Ekspress PGC-Tanjung Priok via tol tersedia pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB dan 16.00 WIB-20.00 WIB. Juga untuk sebaliknya, Tanjung Priok-PGC via tol beroperasi pukul 06.00-09.00 WIB.

Rute Lintas Cililitan-Dukuh Atas melalui koridor 10 dan kor 4 beroperasi pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Layanan baru ini akan terhindar dari kemacetan parah akibat proyek pembangunan jalan layang Pancoran. "Seluruh pelanggan sekitar Cililitan yang ingin menuju Semanggi, kuningan, bahkan Grogol akan bisa lebih memiliki alternatif lebih cepat," ungkapnya.

Lalu rute ekspress Kampung Rambutan-Kampung Melayu via tol beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga 09.00 WIB. Menurutnya, rute ekspress dan rute lintas untuk sementara dioperasikan pada jam sibuk sembari melihat perkembangan dari implementasi itu. "Kedua layanan baru ini memungkinkan untuk dioperasikan sepanjang hari," katanya.

Rute ekspress dan rute lintas, Budi mengatakan, akan memangkas waktu tempuh perjalanan pelanggan Transjakarta. Ia optimistis rute ekspress dan rute lintas akan memindahkan pengguna kendaraan pribadi ke transportasi umum yang disediakan Transjakarta. "Ini adalah solusi yang dihadirkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar masyarakat bisa memanfaatkan waktu lebih produktif. Kami tidak akan berhenti untuk terus mencari jalan keluar agar waktu tempuh bisa lebih baik," ucap Budi.

Rute Ekspress dan Lintas Transjakarta melengkapi inovasi yang telah dilaksanakan Transjakarta melalui rute Rawa Buaya-Harmoni, Rawamangun-Sudirman serta Kuningan - Pulogadung yang dapat ditempuh dalam kurun waktu 35 menit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA