Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

H+1 Lebaran, Volume Kendaraan yang Memasuki Puncak Meningkat

Sabtu 16 Jun 2018 10:53 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Karta Raharja Ucu

Kendaraan melintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Kendaraan melintas di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sebanyak 33.754 mobil dilaporkan memasuki Puncak sejak Jumat kemarin.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Satu hari setelah Lebaran, volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak, Bogor, meningkat. Peningkatan kepadatan ini menyebabkan terjadinya antrean kendaraan sepanjang sekitar satu kilometer lebih di pintu keluar Tol Ciawi.

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena mengatakan, sejak pukul 06.30 WIB wilayah tersebut sudah dipadati kendaraan dari arah Jakarta. Sebanyak 33.754 mobil dilaporkan memasuki Puncak sejak Jumat (15/6) hingga Sabtu (16/6) pagi.

"Kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi," kata AKP Ita melalui keterangan tertulis, Sabtu (16/6).

Guna mengurangi kepadatan tersebut, satuan lalu lintas Polres Bogor memberlakukan sistem satu arah lebih cepat dari jadwal biasanya yakni dilaksanakan pada jam 07.00 WIB. Petugas mengimbau kepada masyarakat yang ingin menuju Cianjur agar menggunakan Jalur Cibubur-Jonggol-Cariu-Cianjur, karena lebih cepat dibandingkan menggunakan jalur Puncak.

"Masyarakat pun bisa menggunakan Jalur Tol Bocimi jika ingin ke Cianjur dan Sukabumi, dengan jarak 15 Km, bisa menempuh waktu 20 menit," lanjut Ita.

Ia juga mengatakan, terdapat beberapa simpul kepadatan di wilayah kawasan jalur Bogor Puncak Cianjur. Di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Polres Bogor menggelar personil di sepanjang jalur Bogor Puncak Cianjur dan jalur Bogor Ciawi Sukabumi sebanyak 250 personil gabungan dari satuan lalu lintas Polres Bogor, satuan Sabhara Polres Bogor dan gabungan Polsek Ciawi, Megamendung dan Cisarua. "Bagi masyarakat agar mematuhi aturan lalu lintas dan melihat update perkembangan arus lalu lintas melalui sosial media @TMCPolresBogor," kata Ita.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA