Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Kebakaran Kemenhub, Satu Orang Masih Terjebak

Ahad 08 Jul 2018 09:09 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbakar Ahad (8/7), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Petugas masih melakukan proses penyisiran di dalam gedung untuk memastikan ada atau tidaknya korban yang masih terperangkap.

Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terbakar Ahad (8/7), sekitar pukul 04.00 WIB dini hari. Petugas masih melakukan proses penyisiran di dalam gedung untuk memastikan ada atau tidaknya korban yang masih terperangkap.

Foto: Silvy Dian Setiawan
Diduga staf yang terjebak berada di ruangan kantor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Satu orang korban yang diduga karyawan Kementerian Perhubungan di Jakarta masih terjebak di lantai 18 setelah kebakaran terjadi pada Ahad, sekitar pukul 04.00 WIB.

Agam, salah satu petugas Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat yang baru saja turun dari proses evakuasi pada Ahad sekitar pukul 08.00 WIB mengatakan, satu orang tersebut berada di ruangan kantor yang sempat terbakar.  "Tadi mbak juga lihat dia bisa melempar kertas minta pertolongan, kalau ada jendela kemungkinan besar posisinya di kantor," kata dia lagi.

Sekitar pukul 08.00 WIB, korban yang belum bisa diidentifikasi itu tampak melongok ke luar jendela dan melemparkan kertas sebagai tanda meminta pertolongan.

Sebelumnya, tiga orang berhasil dievakuasi dengan selamat dari lantai 5 dan 11 gedung Kemenhub ini. Sementara itu, dua orang ditemukan telah meninggal dunia karena terjebak asap.

Api yang membakar gedung setinggi 29 lantai tersebut telah berhasil dipadamkan sekitar pukul 07.30 WIB, namun proses penyisiran korban masih dilanjutkan. "Kesulitan kita karena asap tebal sampai ke tangga darurat jadi sulit ke atas," ujar Agam yang telah menyisir hingga lantai 12 kemudian turun karena asap yang tebal.

Baca juga,  Pemadam Berhasil Naik ke Lantai 11 Gedung Kemenhub.

Api yang membakar Gedung Kementerian Perhubungan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, telah berhasil dipadamkan pada Ahad pagi sekitar pukul 07.30 WIB.

Komandan Piket Petugas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Syarifudin mengatakan api yang melahap tiga lantai, yakni 5,11 dan 18 di Gedung Kemhub tersebut telah padam, namun petugas masih menyisir kemungkinan adanya kebakaran lainnya.

"Tiga orang sudah berhasil keluar dengan selamat, dan ada informasi masih ada satu orang sipil berada di atas," kata dia.

Pada Ahad (8/7) dini hari pukul 04.00 WIB, Gedung Kemenhub mengalami kebakaran. Sejumlah orang yang merupakan karyawan dan tukang renovasi terjebak di lantai 11 dan 18 gedung tersebut. "Ruangan lantai 18 Gedung Kemenhub sedang direnovasi, ada tukang terjebak di sana, ada juga karyawan di lantai 11," ujar staf Kemenhub Supandi.

Dia mengatakan berdasarkan dugaan sementara, api berasal dari lantai parkir P5 atau P6. Di tempat itu terdapat genset dan server.  "Mungkin karena di situ terbakar, jadi asap membumbung sampai ke lantai paling atas, menyebabkan tangga darurat gelap dipenuhi asap, tukang tidak bisa keluar," ujar dia.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA