Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Muslim Sorong Terpukau Tausyiah Ustaz Abdul Somad

Senin 24 Sep 2018 10:49 WIB

Rep: Muhammad Subarkah/ Red: Muhammad Subarkah

Ustaz Abdul Somad memberikan tausyiah di depan puluhan ribu masa umat Muslim yang digelar di lapangan depan Armada III TNI AL, Kota Sorong, Papua Barat, Ahad Malam (23/9).

Ustaz Abdul Somad memberikan tausyiah di depan puluhan ribu masa umat Muslim yang digelar di lapangan depan Armada III TNI AL, Kota Sorong, Papua Barat, Ahad Malam (23/9).

Foto: Mulyadi Djaya
Lebih 10 ribu Muslim Sorong hadiri tausyiah UAS di Lapangan Armada III TNI AL Sorong

SORONG, REPUBLIKA.CO.ID -- Ustaz Abdul Somad (UAS) mencatat sejarah baru pengumpulan masa ceramah agama di Kota Sorong, Papua Barat. Sebab, hanya UAS saja yakni baru ada seorang pendakwah, yakni di tahun 2018,  yang mampu memandu sebuah ada acara ceramah agama dengan dihadiri massa teramai di wilayah yang menjadi ibu kota provinsi  Papua Barat itu.

"UAS memang benar-benar fonema dakwah di zaman milenilal. Kedatangannya di Sorong memukau umat Islam dan masyarakat. Memang Sorong sering didatangi para penceramah kondang tapi kali ini yang terakbar. Dalam tausiyahnya yang digelar semalam, diperkirakan dihadiri oleh 10.000 jama'ah yang berdatangan dari berbagai kabupaten sekitarnya seperti Sorong Selatan, Fakfak, Kaimana dan Manokwari, '' kata Anggota MUI Papua Barat dan juga dosen Unipa (Universitas Negeri Papua) Manokwari, DR Mulyadi Djaya, di Sorong, Senin (24/9),

Mulyadi mengatakan, masa memadati lapangan depan Armada III TNI AL untuk mendengarkan tausiyah UAS. Bahkan, untuk mendapatkan tempat agar bisa dekat ke panggung, semenjak sore beberapa kelompok masyarakat sudah berada di arena itu. Mereka datang dengan membawa karena tikar takut tidak mendapat tempat. Padahal tabligh akbar dimulai pada jam 20.00 malam.

photo
Puluhan ribu jamaah Muslim kota Sorong antusias mendengarkan tausyiah UAS, Senin malam (23/9).

"Sejak sore petugas keamanan dari TNI AL, Polres, dan panitia yang dibantu Kokam dan Banser sudah bekerja keras menata massa yang membludak. Mereka mengatur untuk menertibkan kegiatan akbar tersebut,'' ujarnya.

Ketua Panitia H Kisman Rahayaan menyampaikan bahwa umat Islam di Sorong berharap dan rindu mendapatkan pencerahan langsung dari UAS. Mereka sangat menginginkan agar ustaz asal Riau ini dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa serta umat Islam.

photo
DR Mulyadi Djaya (kanan, Ketua PWM Muhammadiyah Papua Barat). Ustaz Abdul Somad (tengah), Ahmad Nausrau (Ketua MUI Papua Barat).

Abdul Somad dalam ceramahnya sangat kagum dengan kerukunan kehidupan beragama, antarberbagai suku bangsa di Sorong. Hal tersebut sudah terjadi sejak dulu ketika pelopor zending asal Jerman, Ottow-Geissler, memulai gerakannya menyebarkan agama Kristen di Papua. Dia  datang ke Papua dikawal oleh orang Islam dari Maluku menuju Papua (mendapat izin langsung dari Sultan Tidore).

Alhasil Geissler pun selamat dan dapat menyebarkan agama Kristen di Papua.Tempat singgah atau tujuan dakwah Geissler ada di Manokwari, yakni di Pulau Mansinam.

''Itu semua menunjukkan bahwa toleransi antar agama sudah berlangsung lama dan terus dipertahankan hingga kini dan selamanya. Demikian juga ukhuwa Islamiah yang terdiri dari berbagai daerah terus dilakukan dalam rangka menjaga persatuan dalam payung NKRI yaitu nilai-nilai Pancasila,'' ujar Mulyadi menirukan dan memberi catatan tambahan atas beberapa bagian tausyiah UAS.

Hingga selesai acara tabligh ummat muslim bubar dengan tertib. Setiap orang membersihkan lapangan sehingga tidak meninggalkan sampah.  Dan tadi malam jalanan sekitar arena tabligh Kota Sorong itu mengalami kemacetan total. Ini  karena dipadati jama'ah yang berjalan kaki pulang dan menuju lokasi parkir yang berjarak 500 meter dari arena tausyiah.

photo
Jamaah Masjid Agung Al Akbar Kota Sorong membludak ketika mendengarkan tausyiah UAS pada usai shalat Subuh, (23/9).

Selanjutnya, seusai sholat subuh pada Senin pagi ini, UAS kembali mengisi tausiah di Masjid Agung Al Akbar, Kota Sorong. Sama saja dengan acara yang sebelumnya digelar di lapangan depan Armada III TNI AL, masjid agung kota Sorong pun dipenuhi jama'ah yang mendengar langsung ceramah UAS yang selama ini hanya menonton di youtube.
Pada jam 09.00 WIT hari ini UAS bertolak ke Palu Sulteng untuk mengisi tabligh yang sama.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA