Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Masjid Terdekat Siap Jadi Tempat Singgah Peserta Reuni 212

Sabtu 01 Dec 2018 14:28 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andi Nur Aminah

Massa yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni 212 (ilustrasi)

Massa yang tergabung dalam Persaudaraan Alumni 212 (ilustrasi)

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Konsumsi bagi para jamaah peserta reuni yang akan menginap juga disiapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah masjid yang ada di Jakarta, ditunjuk oleh Panitia Reuni 212 sebagai tempat singgah bagi para jamaah peserta reuni yang datang dari berbagai daerah di luar ibu kota. Persiapan pun sudah dilakukan setiap masjid untuk menyambut dan melayani para jamaah tersebut yang akan melakukan kegiatan esok hari, Ahad (2/12).

Salah satunya adalah masjid Ar Rahmah Gambir. Selain fasilitas yang sudah dimiliki, masjid yang terletak di Jalan Batu, Jakarta Pusat ini juga mempersiapkan konsumsi bagi para jamaah peserta reuni yang akan menginap di sana. "Kita siapkan snack berupa kopi, teh, dan beberapa makanan ringan lainnya untuk para jamaah Reuni 212 nanti," kata Ustaz Hartono yang bertanggung jawab di masjid tersebut, saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (1/12).

Ia mengatakan, konsumsi tersebut merupakan hasil swadaya dari masyarakat dan jamaah di sekitar masjid. Hal itu dilakukan demi kenyamanan bagi para jamaah peserta reuni yang menginap.

Ustaz Hartono juga menambahkan, sejak kemarin sore (30/11), sekitar 30 orang peserta reuni dari berbagai daerah telah tiba di Masjid Ar Rahmah Gambir. Seperti dari Aceh, Palembang, Yogyakarta, Cianjur, dan Kalimantan. "Kebanyakan mereka naik kereta api atau bus," imbuhnya.

Menurut Ustaz Hartono, Masjid Ar Rahmah Gambir menjadi tempat singgah bagi para jamaah peserta Reuni 212 yang paling strategis. Sebab, letak masjid tersebut hanya 250 meter dari Monas. Sehingga para peserta tidak perlu berjalan jauh menuju tempat reuni diadakan.

Ia juga menjelaskan, secara keseluruhan, masjid tersebut dapat menampung hingga 400 jamaah. "Tapi kalau kita pakai di dalam masjid, untuk kenyamanannya, paling cuma sekitar 60 jamaah. Tapi di luar kita siapkan lagi kalau memang nanti jamaahnya semakin banyak, kita sediakan karpet di halaman masjid," paparnya.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA