Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Waspada, Hujan dan Petir Landa Jakarta Siang Hingga Sore Ini

Ahad 21 Apr 2019 06:45 WIB

Red: Endro Yuwanto

Hujan petir (ilustrasi)

Hujan petir (ilustrasi)

Foto: AP
BMKG menyatakan, saat ini merupakan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis peringatan dini untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan disertai dengan petir dan angin kencang. Hujan dan petir diprediksi dalam durasi singkat di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada Ahad (21/4) siang dan sore.

Dalam informasi peringatan dini yang dirilis di laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Ahad, hujan sedang hingga lebat juga telah diperingatkan sejak Ahad dini hari pukul 03.00 hingga 05.00 WIB di sejumlah wilayah Jakarta hingga Bekasi.

BMKG memprakirakan cuaca cerah berawan di seluruh wilayah Jakarta pagi hari, berlanjut menjadi hujan ringan dan hujan lokal sejak siang hingga sore. Sementara pada malam harinya cuaca diperkirakan kembali cerah berawan.

Dalam beberapa waktu belakangan, cuaca DKI Jakarta cenderung panas terik saat siang hari yang kemudian berubah menjadi hujan saat sore hari.

Kepala Bidang Informasi Iklim Terapan BMKG Marjuki menjelaskan bahwa fenomena cuaca tersebut merupakan perubahan peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau. Namun kondisi tersebut tidak terjadi di seluruh wilayah Indonesia, melainkan hanya bersifat lokal di beberapa tempat seperti Jakarta.

"Biasanya hujan di sore hari saat masa transisi. Pagi dan siang panas terik untuk pembentukan awan," kata Marjuki.

Marjuki menjelaskan bahwa dalam masa peralihan angin berhembus masih tidak menentu sehingga masih banyak terjadi hujan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA