Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wajah-Wajah Baru DPRD DKI Jakarta

Selasa 21 May 2019 16:22 WIB

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani

Gedung DPRD DKI  Jakarta

Gedung DPRD DKI Jakarta

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Sebagian wajah baru DPRD DKI Jakarta masih bisa dikatakan kategori usia muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menyelesaikan rekapitulasi suara tingkat provinsi. Termasuk penghitungan suara untuk pemilihan anggota DPRD DKI Jakarta. Ada sejumlah wajah baru yang akan duduk di kursi DPRD DKI Jakarta. Sebagian diantaranya juga masih bisa dikatakan kategori usia muda. Termasuk partai baru, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang pertama kalinya mengikuti kontestasi pemilu.

"Menurut kita ini kepercayaan yang luar biasa, pemilu perdana PSI walaupun tidak masuk skala nasional tetapi di DKI Jakarta kita bisa mengutus satu fraksi, delapan kursi," ujar Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Jakarta Michael Victor Sianipar saat dihubungi Republika, Selasa (21/5).

Ia menjelaskan, fraksi PSI akan menjadi oposisi pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Kendati demikian, ia mengatakan, oposisi konstruktif yang menilai kebijakan Gubernur Anies sesuai kinerjanya. Selama ini, lanjut dia, yang dilakukan anggota legislatif sampai tingkat nasional sekadar mengkritisi pemerintahan. Untuk itu, PSI akan menjadi sparring partner atau dalam hal ini sebagai mitra bekerja.

"Jadi kita mau duduk bareng dengan Pak Anies dengan jajarannya juga, kita juga enggak mau sekadar mengkritisi seperti oposisi di level nasional yang asal serang saja," katanya.

Selain itu, caleg yang melenggang ke Kebon Sirih dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga didominasi nama-nama baru. Sekretaris DPD PDI-P DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi memperkirakan sekitar 60 persen tokoh baru.

"Kira kira 60 persen caleg baru, banyak tokoh baru di DPRD, mudah-mudahan bisa bekerja sama dengan baik dengan kita," ujar Prasetio yang juga kembali terpilih menduduki kursi DPRD beberapa waktu lalu.

Caleg baru yang akan menjadi anggota legislatif DKI diantaranya mantan penyanyi cilik Tina Toon. Pemilik nama asli Agustina Hermanto yang berusia 25 tahun itu maju sebagai caleg DPRD DKI di dapil Jakarta Utara 2.

Dalam hasil rekapitulasi suara oleh KPU DKI pada Jumat (17/5), Tina Toon berhasil meraup 19.570 suara. Selain itu, ada nama Ima Mahdiah, merupakan anggota Tim BTP (Basuki Tjahaja Purnama) atau Ahok.

Ima maju di dapil 10 Jakarta Barat dengan nomor urut 4 berhasil mengumpulkan 30.591 suara. Keduanya bahkan menjadi caleg yang mengumpulkan suara terbanyak di antara caleg asal PDIP di dapilnya masing-masing.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA