Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

TMII Meriahkan HUT Jakarta dengan Pelawak Mastur

Kamis 20 Jun 2019 16:50 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pengunjung berfoto di area Istana Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (25/12/2018).

Pengunjung berfoto di area Istana Anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (25/12/2018).

Foto: Antara/Putra Haryo Kurniawan
Beragam kesenian Betawi hadir di TMII saat HUT Jakarta Ahad ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengundang pelawak Mastur sebagai bintang tamu pada pentas seni gambang kromong pada Ahad mendatang guna memeriahkan HUT DKI Jakarta. TMII juga menghadirkan kesenian Betawi lainnya pada HUT DKI.

"Dalam rangka HUT DKI kita seperti biasa menyelenggarakan kegiatan seni budaya untuk mengisi panggung di areal TMII. Seperti kesenian Gambang Kromong dengan bintang Mastur," ujar Manager Marketing TMII, Dwi Atmodjo, di Jakarta Timur, Kamis (20/6).

Menurut Atmodjo, Gambang Kromong dan Mastur dipilih untuk memeriahkan hari jadi DKI ke-492 itu karena merupakan kesenian dan pelawak asli Betawi. "Gambang Kromong merupakan pentas seni di hari terakhir dari rangkaian acara Pekan Lebaran. Sengaja memilih kesenian Betawi pada hari terakhir karena bertepatan dengan ulang tahun DKI," jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, terpilihnya Mastur karena dirasa mampu mewakili generasi muda, dewasa, dan kalangan lebih tua. Atmodjo berharap, kehadiran Mastur mampu memperbarui seni budaya Gambang Kromong sehingga bisa dinikmati oleh kaun muda sekalipun.

Ia berharap, dalam rangka HUT DKI semakin banyak masyarakat yang antusias memilih TMII sebagai destinasi liburan agar seni dan budaya daerah tetap lestari dan dikenal masyarakat generasi sekarang dan masa mendatang.

Selain kesenian Gambang Kromong yang akan diselenggarakan pada Ahad mendatang di Panggung Putro Pendowo TMII pukul 11.00-16.00 WIB. TMII juga menampilkan Reog Ponorogo di areal Tugu Api Pancasila TMII serta kesenian lainnya di anjungan maupun panggung.

Sedangkan pada Sabtu, TMII menampilkan parade teater daerah pukul 09.00 WIB, musik Kendang Kempul Gambiran pada siang hari dan kesenian Genjring Buroq pada sore harinya.




Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA