Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Warga Antusiasi Pengecatan Mural di Terowongan Jalan Kendal

Jumat 21 Jun 2019 00:22 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta menyelesaikan pembuatan mural di terowongan Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Pembuatan mural tersebut dalam rangka untuk menyemarakan HUT DKI Jakarta ke-492.

Sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi swasta menyelesaikan pembuatan mural di terowongan Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Pembuatan mural tersebut dalam rangka untuk menyemarakan HUT DKI Jakarta ke-492.

Foto: Antara
Pengecatan dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492.

JAKARTA -- Masyarakat menyambut positif pengecatan mural yang dilakukan Pemerintah Provinsi di terowongan Jalan Kendal. Pengecatan dilakukan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492.

Baca Juga

"Jadi makin bagus, bisa jadi spot foto instagramable baru di Jakarta," ujar salah seorang pejalan kaki, Rizal saat ditemui di terowongan Jalan Kendal, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/6).

Menurut Rizal pengecatan mural di terowongan tersebut semakin memanjakan pejalan kaki yang melintas. Warna warni yang tersaji dalam goresan-goresan kuas di sisi kanan dan kiri dinding terowongan dapat menjadi pemandangan yang menyegarkan mata warga Jakarta.

Pria yang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan di kawasan Tosari itu menilai pemilihan terowongan Jalan Kendal sebagai spot pengecatan mural merupakan hal yang tepat. Karema lokasi tersebut hampir setiap hari dilewati oleh ribuan warga yang beraktivitas di pusat kota.

"Pengguna kereta yang turun atau naik di Stasiun Sudirman lewat terowongan ini. Pengguna MRT (moda raya terpadu) dan Transjakarta juga lewat sini juga. Jadi memang sudah pas banget, terowongan ini memang ramai," ucap Rizal.

Warga Jakarta lainnya, Ester mengatakan mural-mural yang digambar merupakan representasi potret kota Jakarta saat ini. Seperti adanya MRT serta jembatan penyeberangan orang berdesain unik. "Jadi kota Jakarta yang sudah semakin cantik, tergambar di mural ini," kata mahasiswi salah satu universitas swasta di Jakarta itu.

Adapun karyawati asal Bogor, Maya berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat lebih banyak melakukan kegiatan serupa agar ibu kota menjadi semakin cantik dan berwarna. "Daripada kotor sama coretan enggak jelas, mending digambar seperti ini, jadi lebih bagus," ucap Maya.

Sebelumnya, terowongan Jalan Kendal yang merupakan jalur pendestrian mulai dimural untuk menyambut HUT ke-492 DKI Jakarta. "Program mural ini salah satunya untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke-492. Tapi sebenarnya semangatnya adalah melibatkan komunitas untuk mempercantik kota gitu kira-kira," kata Anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Pemprov DKI Jakarta Hendriana Werdhaningsih di Jakarta, Kamis (20/6).

Hendriana mengatakan bahwa mural tersebut melibatkan berbagai komunitas berdasarkan profesinya. Salah satunya Imural yang spesialis membuat mural serta mahasiswa dari perguruan tinggi dalam bidang komunikasi visual.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA