Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Petani Korban Kelud Cari Pinjaman Pupuk

Rabu 12 Mar 2014 23:05 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Bangunan yang rusak akibat erupsi Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Bangunan yang rusak akibat erupsi Kelud di Kediri, Jawa Timur.

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Para petani di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang terdampak erupsi Gunung Kelud (1.731 mdpl) mengaku sempat kebingungan untuk mencari pinjaman guna membeli pupuk untuk tanaman mereka.

"Sebagian dari kami sudah mulai bercocok tanam, tapi kami kesulitan untuk mencari modal membeli pupuk. Awalnya, kami berencana cari pinjaman," kata Mitiran, salah seorang petani asal Desa Asmorobangun, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri, Rabu (12/3).

Mitiran yang ditemui saat pemberian bantuan pupuk oleh Pupuk Indonesia Holding Company (PT Petrokimia Gresik serta PT Pupuk Kaltim sebagai anak perusahaan) mengaku terbantu.

Awalnya, ia dengan petani lainnya sangat kebingungan untuk mencari modal setelah erupsi Gunung Kelud, 13 Februari lalu. Tanaman yang diharapkan bisa panen dan menjadi modal selanjutnya gagal semua, karena erupsi tersebut.

Ia pun juga mengatakan, untuk bercocok tanam, diberikan bantuan bibit oleh Pemerintah Kabupaten Kediri. Ia sendiri mendapatkan bantuan bibit jagung manis, yang sudah ia tanam. "Saat ini jagung sudah mulai tumbuh. Kami terbantu, karena ada pupuk bantuan ini," ucapnya.

Ia menyadari, sejumlah sumber mata air masih sulit  didapat, sehingga untuk saat ini hanya mengandalkan air hujan untuk mengairi sekitar 350 ru (1 hektare sama dengan 700 ru) lahan pertanian miliknya.

Pihaknya hanya berharap, tanaman kali ini bisa menghasilkan produk dengan baik. Walaupun saat ini kondisi tanah masih belum baik benar, mengingat tingkat keasaman tinggi setelah erupsi, diharapkan jagung yang ia tanam bisa panen. "Ini menolong kami, dan kami merasa terbantu," ungkapnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA