Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

Senin, 13 Jumadil Akhir 1440 / 18 Februari 2019

KLHK Pamerkan Teknologi Terkini Bidang Lingkungan dan Kehutanan

Rabu 11 Mei 2016 11:58 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI) Kementerian LHK menggelar acara 'Gelar IPTEK Hasil Litbang dan Inovasi'. Acara di gelar di Auditorium Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (11/5). 'Gelar IPTEK Hasil Litbang dan Inovasi' atau disingkat 'Galtek' digelar dalam rangka memasyarakatkan berbagai inovasi yang dihasilkan untuk mendukung penyelesaian masalah terkini yang terkait dengan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Geltek dikemas dalam serangkaian kegiatan diseminasi yaitu penyelenggaraan Bedah Buku, Gelar Teknologi dan Pameran. Menteri LHK, Siti Nurbaya Litbang dapat diumpamakan sebagai harta yang terpendam. Hasil-hasil dari Litbang bisa menjadi panduan untuk pembangunan. Meski hasil dari penelitian tidak selalu relevan digunakan namun keberadaan Litbang bisa menjadi referensi untuk bertindak.

"Terlalu sayang bila tidak didayagunakan, tetapi kadang-kadang tidak selalu relevan bila akan digunakan.  Namun kita semua sepakat bahwa Litbang masih sangat dibutuhkan dalam keadaan apapun.  Hasil riset akan selalu menjadi pemandu bagi pelaksanaan tugas kita. Dalam konteks inilah maka gelaran IPTEK hasil litbang saat ini merupakan kegiatan yang strategis, karena publik akan mengetahui sejauh mana Litbang sudah bisa berperan sebagai pemandu pembangunan," ujar dia.

Geltek ini dihadiri sekitar seribu orang pengguna dari berbagai kalangan yaitu para pengambil kebijakan, pejabat instansi terkait seperti Dinas Kehutanan seluruh Indonesia, peneliti, BAKORLUH, KPHP/KPHL, BUMN, BUMS, Assosiasi Kehutanan, NGO, LSM, tokoh masyarakat, sektor swasta dan praktisi bidang kehutanan dan lingkungan hidup, serta akademisi, mahasiswa dan pelajar.

Pengunjung yang ingin mendalami topik tertentu dapat berdiskusi lebih lanjut secara langsung dengan narasumber di 10 booth yang disediakan. Istimewanya ada 3 (tiga) booth dengan topik non-penelitian  yaitu booth Hutan Kota, booth Laboratorium Pengujian dan Rujukan, serta booth Capaian dan Kinerja BLI - Pilot IPTEK di KHDTK, Stasiun Riset Kehati, dan Pengelolaan sumber benih.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES