Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

6 Buku Soal Lingkungan Bakal Dibedah di Gelaran Iptek KLHK

Rabu 11 May 2016 12:19 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Sungai Ciliwung, Manggarai, Jakarta, Rabu (6/4).  (Republika/ Wihdan)

Pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Sungai Ciliwung, Manggarai, Jakarta, Rabu (6/4). (Republika/ Wihdan)

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI) Kementerian LHK menggelar acara 'Gelar IPTEK Hasil Litbang dan Inovasi'. Acara di gelar di Auditorium Soejarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (11/5). Pada kesempatan ini dibedah 6 buku karya peneliti BLI selama dua hari berturut-turut dalam acara Bedah Buku dengan narasumber dan pembahas yang kompeten di bidang masing-masing.

Buku yang dibedah antara lain Restorasi DAS Ciliwung, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), Peran Pohon dalam Menjaga Kualitas Udara di Perkotaan, Tumbuhan Obat Berkhasiat Etnis Asli Kalimantan, Membangun Kesuburan dengan Arang  dan Sistem Monitoring dan Evaluasi Keanekaragaman Hayati di Taman Kehati.

Buku tentang Restorasi DAS Ciliwung, titik berat dari buku ini adalah menetapkan tujuan akhir restorasi DAS Ciliwung dan bagaimana membuat perencanaan untuk mencapai tujuan akhir tersebut. Diharapkan buku ini dapat membantu para pemangku kepentingan dari Provinsi DKI, Jawa Barat dan Banten dalam mengurangi dampak banjir Kota Jakarta.

KLHK Pamerkan Teknologi Terkini Bidang Lingkungan dan Kehutanan

Sementara itu, dalam Buku PLTMH disampaikan secara lugas mengenai model insentif untuk masyarakat sekitar hutan melalui pembangunan PLTMH dengan pendekatan partisipatif, dimana masyarakat berkontribusi dalam perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengelolaan operasional PLTMH, baik dalam bentuk pemikiran, waktu, tenaga dan juga bahan-bahan lokal.

Untuk Buku Peran Pohon dalam Menjaga Kualitas Udara di Perkotaan, menguraikan mengenai jenis-jenis pohon potensial yang berfungsi sebagai penyerap dan penjerap timbal (Pb) dan debu. Diharapkan dengan adanya buku ini bisa membantu para pihak yang bergerak dan mengembangkan kawasan perkotaan yang sehat, terutama pemeritah daerah dalam penataan ruang terbuka hijau dan kawasan industri yang ada.

Hasil riset etnobotani dari Buku Tumbuhan Obat Berkhasiat Etnis Kalimantan menguraikan beberapa jenis dan pemanfaatan tumbuhan hutan berkhasiat obat dari etnis di Kalimantan dengan cara pengetahuan pengobatan tradisional. Sedangkan dalam Buku Membangun Kesuburan dengan Arang mengulas mengenai kegunaan arang bagi kehidupan manusia. Buku ini menyajikan hasil litbang berupa informasi teknologi pembuatan dan pemanfaatan arang untuk kesuburan tanah.

Bedah buku yang terakhir yaitu Sistem Monitoring dan Evaluasi Keanekaragaman Hayati di Taman Kehati yang memberikan panduan standar bagi para pengelola Taman Kehati dalam melakukan kegiatan monitoring dan evaluasi sehingga diperoleh keseragaman parameter, metode, dan format pelaporan yang diharapkan kedepan akan memudahkan pembinaan secara nasional dalam rangka meningkatkan kualitas Taman Kehati.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA