Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Festival Taman Nasional akan Digelar di Bali

Rabu 26 Jun 2019 05:00 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Seekor satwa langka dan dilindungi elang laut dada putih (Haliaeetus leucogaster) berada di kandang rehabilitasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Banda Aceh, Selasa (2/4/2019).

Seekor satwa langka dan dilindungi elang laut dada putih (Haliaeetus leucogaster) berada di kandang rehabilitasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Banda Aceh, Selasa (2/4/2019).

Foto: Antara/Irwansyah Putra
Festival digelar 19-21 Juli 2019 di Nusa Dua, Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Festival Taman Nasional dan Taman Wisata Alam (FTNTWA) ke-3 akan digelar pada 19-21 Juli 2019 di Nusa Dua, Bali. TNTWA merupakan salah satu rangkaian acara Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diikuti oleh taman-taman nasional dan juga taman wisata alam dari Sabang hingga Merauke.

"Dalam festival ini akan banyak disajikan objek-objek wisata yang unik, menantang, mengedukasi, dan memberikan pengalaman berbeda tanpa meninggalkan konsep pemanfaatan taman nasional sebagai pusat konservasi alam," kata Ketua penyelenggara FTNTWA 2019 Dyan Syaheati.

Dengan tema 'Bijak berwisata alam', FTNTWA 2019 bertujuan menyosialisasikan ekowisata. Khususnya terkait keberadaan taman nasional, taman wisata alam, dan wisata alam lainnya, kepada masyarakat terutama generasi muda.

Festival ini juga bertujuan untuk memperkenalkan budaya yang sangat unik dan eksotik dari seluruh wilayah penunjang taman nasional dan taman wisata alam. "Serta mempromosikan potensi budaya lokalnya, flora dan fauna, kekayaan alam, juga kreatifitas masyarakatnya termasuk kerajinan tangan dan kuliner khas," kata dia.

Selama FTNTWA 2019 juga diselenggarakan kegiatan antara lain National Park Travel Fair, Farmtrip 2019, Festival Film Pendek Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, Talkshow Konservasi dan Tren Wisata Alam, Pameran Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, dan Festival Tari Budaya Nusantara. FTNTWA diharapkan turut mendukung target percepatan kunjungan pariwisata sebanyak 20 juta wisatawan manca negara (wisman) dan 275 juta wisatawan Nusantara (Wisnus) pada 2019.

Baca Juga

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA