Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ustaz Abdul Somad dan Seruan Berhijrah

Senin 28 Jan 2019 15:14 WIB

Red: Budi Raharjo

massa memadati lapangan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk mengikuti Tablig Akbar Ustaz Abdul Somad yang akan dimulai sehabis salat Isya, Sabtu (26/1). Kegiatan tablig akbar sendiri sudah berlangsung sejak siang dengan diisi kegiatan oleh artis-artis nasional serta Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

massa memadati lapangan stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) untuk mengikuti Tablig Akbar Ustaz Abdul Somad yang akan dimulai sehabis salat Isya, Sabtu (26/1). Kegiatan tablig akbar sendiri sudah berlangsung sejak siang dengan diisi kegiatan oleh artis-artis nasional serta Wali Kota Bandung, Oded M Danial.

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Dia pun mengajak mereka yang sudah bertobat untuk menggenggam dunia.

REPUBLIKA.CO.ID,

Oleh Muhammad Fauzi Ridwan

BANDUNG -- Ustaz Abdul Somad (UAS) memberikan ceramah di hadapan puluhan ribu jamaah pada acara Tabligh Akbar bertema Cinta Islam, Cinta Ukhuwah, Cinta NKRI yang diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/1) malam. Acara ini dihadiri sejumlah artis nasional, sejumlah dai, mantan gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Dalam tausiyahnya, ustaz asal Riau ini menyinggung tentang upaya membangkitkan ekonomi umat serta mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk berhijrah. "Malam ini momen kita berkumpul, semua datang mencari ridha Allah SWT," ujar UAS di hadapan puluhan ribu jemaah di GBLA, Kota Bandung, Sabtu (26/1).

Dia mengajak agar seluruh jamaah yang hadir untuk memakai produk-produk asli dalam negeri. "Ekonomi umat harus bangkit. Siap, bangkitkan ekonomi umat?" ujarnya kepada seluruh masyarakat. "Siap," jawab para jamaah.

Menurut UAS, upaya membangkitkan ekonomi umat dilakukan agar seluruh umat berdaya. Dalam ceramahnya, dia mengajak seluruh masyarakat untuk bertobat kepada Allah SWT termasuk meninggalkan riba. "Yang selama ini pakai narkoba, minuman keras, dan lainnya. Apapun yang kau pakai, merusak hatimu, otakmu maka berhenti, taubat kepada ke pada Allah SWT," kata dia.

Dia pun mengajak mereka yang sudah bertobat untuk menggenggam dunia di berbagai bidang baik ekonomi maupun politik. Menurut dia, hanya mereka yang pantas untuk menggenggam dunia. UAS pun mengajak seluruh warga untuk hijrah dari kemiskinan dan korupsi.

Tak lupa, UAS juga menyinggung tentang orang yang paling mulia adalah orang yang ikhlas kepada Allah SWT. "Malam ini, (orang) yang berkumpul semuanya ikhlas," ungkapnya.

Dia meminta agar mereka masyarakat yang sudah berhijrah agar tidak saling sikut-sikutan. "Bandung titik awal kebangkitan Islam," katanya.

Rangkaian acara Tabligh Akbar sudah berlangsung sejak siang. Acara dihadiri oleh sejumlah artis nasional yang dikenal menghelat hijrahfest 2018 di Jakarta. Beberapa wajah selebritas, seperti Arie Untung, Irwansyah, Primus Yustisio, Teuku Wisnu, dan deretan artis lainnya. Mereka mengisi kegiatan sejak siang hari bersama wali kota Bandung.

"Semua saudara-saudaraku di Bandung. Masya Allah sambutan teman-teman kalian sangat mengharukan. Kita yang masih belajar ketemu teman-teman di Bandung yang sudah lebih dulu berilmu kalianlah guru kita-kita," ujar Arie Untung lewat akun Instagram @ariekuntung.

photo
Ustaz Abdul Somad di antara jamaah dan komunitas Sahabat Hijrah


Berdasarkan pantauan, masyarakat memadati area luar stadion yang hendak masuk ke dalam stadion. Sementara, di dalam stadion di lapangan puluhan ribu orang dari berbagai daerah hadir untuk mendengarkan tausiyah dari UAS.

Selain itu, tribun penonton dipadati oleh masyarakat yang hendak menyaksikan dan mendengarkan ceramah dari ustaz lulusan Maroko itu. Sebelum tausiyah disampaikan, para peserta tabligh akbar melaksanakan Shalat Isya berjamaah terlebih dahulu.

Salah seorang warga, Rofi asal Cibiru, Kota Bandung sengaja datang ke GBLA untuk mendengarkan tausiyah ustaz Abdul Somad. Dia mengaku baru pertama kali datang menghadiri tausiyah tokoh perubahan Republika itu. "Saya lihat ceramah ustaz Abdul Somad di Instagram dan ceramahnya bagus-bagus dan banyak yang diingat," ujar dia.

Sementara itu, Haikal (16) yang datang bersama Rofi mengaku ingin sekali menghadiri tabligh akbar di GBLA yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad. "Saya senang bisa hadir di sini, ingin dengan ceramah UAS," kata dia. n ed: a syalaby ichsan

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA