Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Yang Terbaik di Rusia

Rabu 18 Jul 2018 16:25 WIB

Red: Budi Raharjo

Kylian Mbappe

Kylian Mbappe

Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Pemain Prancis mendominasi tim terbaik di Piala Dunia 2018

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh Anggoro Pramudya

MOSKOW -- Piala Dunia 2018 telah berakhir. Rangkuman sepak terjang para pesepak bola di Rusia pun terekam jelas. Setidaknya terdapat 11 pemain yang dikategorikan sebagai yang terbaik selama Piala Dunia edisi ke-21.

Dikutip dari berbagai sumber, para pemain Prancis mendominasi tim terbaik Piala Dunia 2018. Tim pilihan ini berisikan deretan pemain terbaik yang cocok menggunakan skema permainan 4-3-3.

Di posisi penjaga gawang rasanya tak ada yang lebih pantas selain Thibaut Courtois. Lolosnya Belgia ke semifinal di Rusia, tak lepas dari andil dirinya. Kiper Chelsea ini melakukan 27 penyelamatan yang membuat gawang Iblis Merah aman dari kebobolan. Selama di Piala Dunia kali ini, Courtois tampil dalam tujuh pertandingan selama 630 menit.

Nama Ludwig Augustinsson juga pantas masuk dalam skuat dream team Piala Dunia 2018. Pemain Swedia ini pilihan yang tepat untuk mengisi posisi bek kiri. Pemain Werder Bremen ini memang sangat menonjol di sisi kiri timnas Swedia. Augustinsson memiliki kemampuan yang sama kuatnya baik dalam urusan bertahan dan membangun serangan cepat via pinggir lapangan.

Salah satu bukti awalnya ketika ia membantu Swedia lolos fase grup dengan mengalahkan Meksiko. Augustinsson menjadi pencetak gol dan berperan penting dalam terciptanya gol kedua dan ketiga si Kuning-Biru.

Bek tengah diisi oleh pemainan dalan Kroasia, Domagoj Vida. Seiring keberhasilan Kroasia menjadi finalis Piala Dunia 2018, kepopuleran Vida melambung tinggi. Palang pintu membuat si Gondrong ini mendadak terkenal karena ketangguhannya menjaga area pertahanan the Vatreni.

Sebelumnya, bek milik Besiktas tidak dipandang sebagai pemain favorit di skuat utama Kroasia. Namun, berkat kejelian Zlatko Dalic, ia memutuskan memasang Vida bersama Dejan Lovren di jantung pertahanan tim. Hasilnya, Vida tampil impresif sehingga mampu menggusur bek veteran Vedran Corluka ke bangku cadangan.

Raphael Varane juga pantas mengisi posisi bek tengah tim pilihan Piala Dunia 2018. Bek Prancis itu ibarat mobil Bentley yang begitu elegan nan kuat diparkir di area belakang pertahanan Les Bleus. Varane menjadi salah satu pemain kunci Prancis mengarungi Piala Dunia 2018. Media Spanyol, Marca, menjulukinya sebagai Menteri Pertahanan Prancis.

Posisi bek kanan jatuh kepada Kieran Trippier. Nama yang cukup asing bagi beberapa penggemar sepak bola musiman. Namun, hari demi hari semua orang lantas mengenalnya melalui umpan-umpan manjanya kepada pemain depan timnas Inggris.

Pemain Tottenham Hotspur ini menjalankan tugas sebagai bek sayap kanan dengan gemilang. Diturunkan Gareth Southgate sebanyak enam kali dan tercatat melepaskan 24 key passes dengan 19 akurasi umpan.

Gelandang tengah kiri dream team Piala Dunia 2018 layak diberikan kepada Paul Pogba. Ini mengingat dirinya sukses bertugas menjaga tempo permainan timnas Prancis di Piala Dunia 2018.

Diplot bersama N'Golo Kante dan Blaise Matuidi di lini tengah Pogba mengemban tugas dari sang pelatih Didier Deschamps sebagai pengatur tempo permainan Les Bleus. Pogba tampil sebanyak enam kali dengan catatan satu gol dan satu kartu kuning. Gol yang dicetak Pogba hadir di laga final melawan Kroasia.

Menemani Pogba ada rekan setim nya, Kante. Jika melihat menit bermainnya selama di Rusia, Kante termasuk salah satu yang terus dipercaya Deschamps. Kante seperti batu karang yang me mecah ombak di lini tengah tim lawan.

Meski postur tubuhnya sangat mungil, Kante bermain dengan determinasi dan selalu konsisten di setiap laga yang dimainkan si Ayam Jantan. Di lima laga dari fase grup hingga perempat final, gelandang milik Chelsea itu mencatat 12 tekel sukses, 17 intersep, 10 sapuan, dan sama sekali tak terkena kartu.

photo
Luka Modric


Jangan lupakan nama Luka Modric untuk mengisi posisi gelandang tengah kanan. Modric menjadi kunci Kroasia dalam mencapai babak final Piala Dunia 2018. Sebuah progres besar mengingat dia tak mampu membawa negaranya lolos ke fase gugur Piala Dunia 2006 dan 2014.

Bahkan, Modric tak mampu meloloskan Vatreni ke Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Perannya di lini tengah juga bisa dilihat dari data sentuhan dan umpan yang berhasil dia lakukan sepanjang Piala Dunia 2018. Gelar pemain terbaik di Piala Dunia 2018 menjadi bukti kehebatan Modric.

Di barisan depan ada tiga nama, yakni Eden Hazard, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappe. Hazard menjadi tulang punggung timnas Belgia selama Piala Dunia 2018. Penampilannya di sektor sayap sebelah kiri De Roude Devils mengancam bek-bek lawan. Jiwa kepemimpinannya juga dibuktikan saat mengalahkan Brasil dan Inggris.

Griezmann tak akan pernah luput dari pandangan pencinta sepak bola. Ya, Griezmann bisa dikatakan sebagai salah satu pemain terbaik Les Bleus di Rusia karena sukses melahirkan empat gol dan dua assist di Piala dunia 2018. Si Bocah Ajaib Mbappe juga menjadi yang terdepan di Rusia. Usianya masih 19 tahun namun kepiawaiannya menggiring bola dan nalurinya mencetak gol membuat namanya bersinar. ¦ ed: citra listya rini

***
Dream Team Piala Dunia 2018

Kiper:
Thibaut Courtois (Belgia)

Lini belakang:
Ludwig Augustinsson (Swedia), Domagoj Vida (Kroasia), Raphael Varane (Prancis), Kieran Trippier (Inggris)

Lini tengah:
Paul Pogba (Prancis), N'Golo Kante (Prancis), Luka Modric (Kroasia)

Lini depan:
Eden Hazard (Belgia), Antoine Griezmann (Prancis), Kylian Mbappe (Prancis)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA