Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Friday, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Pesan Persahabatan Jokowi Prabowo

Sabtu 22 Sep 2018 07:39 WIB

Red: Elba Damhuri

Relawan Jokowi-Ma'ruf meneriakkan yel-yel pasca KPU menetapkan pasangan yang mereka dukung mendapat nomor urut satu.

Relawan Jokowi-Ma'ruf meneriakkan yel-yel pasca KPU menetapkan pasangan yang mereka dukung mendapat nomor urut satu.

Foto: Republika/Dedy D Nasution
Jokowi-Ma'aruf dan Prabowo-Sandi mensyukuri nomor urut yang didapat.

REPUBLIKA.CO.ID Oleh: Dian Erika, Rizkyan Adiyudha

Masa kampanye Pemilu 2019 segera dimulai pada Ahad (23/9). Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-KH Ma'ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno pun telah mendapatkan nomor urut untuk berkontestasi di Pilres 2019. Jokowi-Kiai Ma'ruf mendapatkan nomor urut 01. Sedangkan, Prabowo-Sandi mendapat nomor urut 02.

Kedua capres menyerukan pemilu damai dalam pidatonya saat pengambilan nomor urut di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (21/9) malam. Jokowi yang diberikan kesempatan pertama untuk memberikan pidatonya oleh KPU berharap Pilpres 2019 betul-betul dijadikan sebagai ajang pesta demokrasi.

Jokowi ingin Pilpres 2019 diisi dengan hal-hal yang bersifat mendidik masyarakat dalam berpolitik. Jokowi ingin masyarakat semakin dewasa dalam berdemokrasi.

"Dalam kontestasi ini, mari kita beradu gagasan, adu prestasi, dan adu rekam jejak," kata Jokowi.

Jokowi tak ingin kedua kubu saling memfitnah, menghina, atau menjelekkan lawan. "Jangan sampai karena kontestasi politik, silaturahim kita menjadi tidak baik," ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengaku sudah kenal sejak lama dengan Prabowo dan Sandi. Oleh karena itu, Jokowi berharap masih tetap bisa berkomunikasi dengan kedua lawannya tersebut.

Dalam pidatonya, Jokowi juga sempat menyinggung nomor urut satu yang didapatnya. "Satu (nomor satu) memang yang diperebutkan adalah RI 1," kata Jokowi seraya tersenyum.

Setelah pengambilan nomor urut, Jokowi mengaku bersyukur dengan nomor yang diperolehnya. Menurut dia, nomor urut satu sesuai dengan harapannya.

"Kita mendapatkan nomor urut 01. Ini memudahkan komunikasi dengan masyarakat karena kita ingin Indonesia bersatu," ujar Jokowi kepada wartawan setelah pengundian nomor urut.

Jokowi mengaku, timnya telah menyiapkan tagline dan tagar yang akan digunakan untuk kampanye. "Nanti akan keluar. Tunggu saja," katanya.

Capres Prabowo Subianto mengatakan, dirinya memiliki keinginan yang sama dengan Jokowi. Prabowo ingin Pemilu 2019 dilaksanakan dengan sejuk dan damai.

"Tentunya diiringi semangat kekeluargaan demi mencari yang terbaik bagi bangsa, bukan mencari kesalahan dan kekurangan masing-masing," katanya.

Prabowo berharap semua pihak bersikap tenang dan tidak emosional dalam menjalani masa Pemilu 2019. Ketua Umum Gerindra itu menyerukan agar masyarakat dapat menyongsong proses demokrasi dengan baik dan tenang.

Setelah pengundian nomor, Prabowo keluar kantor KPU sambil mengepalkan tangan dan mengacungkan jari telunjuk dan tengah menyimbolkan angka dua. Prabowo keluar dari kompleks gedung KPU sambil tersenyum dan mengomentari secara singkat hasil pengundian nomor urut. "Ya nomor dua lambang kemenangan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA