Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Saturday, 15 Sya'ban 1440 / 20 April 2019

Kegigihan Ustaz Arifin Ilham Memimpin Zikir di Saat Sakit

Rabu 09 Jan 2019 14:08 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/Hasanul/Desy/Muhyiddin/ Red: Teguh Firmansyah

Ustaz Arifin Ilham  bersiap memimpin Dzikir dalam acara Dzikir  Nasional 2018  di  Masjid At-Tin tiba di Jakarta Timur, Senin (31/12).

Ustaz Arifin Ilham bersiap memimpin Dzikir dalam acara Dzikir Nasional 2018 di Masjid At-Tin tiba di Jakarta Timur, Senin (31/12).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Presiden Joko Widodo menjenguk Ustaz Arifin Ilham di RSCM.

REPUBLIKA.CO.ID, Sudah menjadi hal rutin, setiap menyambut awal tahun baru Ustaz Arifin Ilham memimpin zikir akbar di Masjid At Tin yang diadakan Republika. Bahkan, di tengah kondisinya yang kurang sehat, beliau masih menyempatkan waktunya untuk memimpin zikir. 

Pada malam pergantian tahun lalu, Ustaz Arifin tiba di Masjid At Tin sekitar pukul 19.00, tepat menjelang Isya. Ia didampingi ajudannya yang juga santri Majelis Az Zikra dengan mengenakan pakaian serbaputih.

Badannya memang terlihat lebih lemah dibanding sebelumnya. Dia datang melewati lorong masjid dan langsung masuk ke ruang VIP. Di ruang VIP Ustaz Arifin duduk sebentar. Tidak banyak bicara. Mukanya tampak pucat. Beberapa kali, ia melontarkan senyuman ke orang yang ada di sana.

Tak sampai lima menit, Ustaz Arifin langsung naik ke tempat shalat. Ajudannya menjaga Ustaz Arifin di tengah antusiasme jamaah ke pemimpin Majelis Az Zikra itu.

Sewaktu zikir, ciri khas suara serak-serak Ustaz Arifin tetap keluar, tapi lebih lemah dibanding biasanya. Suaranya seperti menangis. Salah satu doa yang dilantunkan olehnya adalah permohonan maaf atas segala dosa jika sewaktu-waktu nyawa ini dicabut. Tidak khusus hanya kepada dirinya, tetapi juga buat jamaah yang lain.

Sekitar satu jam Ustaz Arifin memimpin zikir. Waktu itu, sudah dikurangi dari seharusnya. Saat turun ke bawah, Ustaz Arifin pun bergegas masuk mobil untuk pulang. Ia menolak diwawancarai dan hanya melempar senyum. "Enggak dulu ya, mau istirahat," ujar salah satu ajudan Arifin.

Baca juga, Doa Mengalir untuk Kesembuhan Ustaz Arifin Ilham.

Sejak dua hari yang lalu, Ustaz Arifin Ilham dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyempatkan untuk menjenguk dan mendoakannya.

"Kita semua, masyarakat, mendoakan agar beliau cepat sembuh dan penyakitnya diangkat oleh Allah SWT, disembuhkan, dan bisa berkegiatan kembali, berdakwah, bersyiar, memberikan tausiyah kepada kita," ujar Jokowi di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/1).

Jokowi menjenguk Ustaz Arifin Ilham sebelum acara pelantikan Kepala BNPB di Istana Negara. Dikutip dari siaran resmi Istana, Jokowi tiba di RSCM pada pukul 08.05 WIB.

Kedatangan Presiden Jokowi disambut oleh keluarga Ustaz Arifin Ilham yang berada di ruang perawatan. Presiden dan Ustaz Arifin Ilham kemudian sempat berbincang.

Setelah itu, Presiden berpamitan dengan Ustaz Arifin Ilham dan keluarganya, lalu meninggalkan RSCM. Sejumlah tokoh sebelumnya juga telah menjenguk Arifin Ilham, seperti Gubernur DKI Anies Baswedan, Ustaz Yusuf Mansyur, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, maupun cawapres nomor urut 01, Kiai Ma'ruf Amin.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA