Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Wednesday, 23 Syawwal 1440 / 26 June 2019

Diplomasi Golf Ala Trump dan Abe

Ahad 26 May 2019 23:03 WIB

Red: Andri Saubani

Presiden Donald Trump (kanan) bermain golf dengan PM Jepang, Shinzo Abe, di Mobara Country Club di Mobara, selatan Tokyo, Ahad (26/5).

Presiden Donald Trump (kanan) bermain golf dengan PM Jepang, Shinzo Abe, di Mobara Country Club di Mobara, selatan Tokyo, Ahad (26/5).

Foto: AP
Di antara pemimpin negara lainnya, Abe memiliki hubungan dekat dengan Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Rizky Jaramaya

Baca Juga

Golf tidak pernah lepas dari setiap agenda pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Dalam kunjungan kenegaraan selama empat hari ke Jepang, Trump menaiki helikopter dari Marine One di Tokyo dan terbang ke wilayah selatan yakni Mobara Country Club untuk bermain golf bersama Abe pada Ahad (26/5) pagi.

Di antara pemimpin negara lainnya, Abe memiliki hubungan dekat dengan Trump. Ini adalah kelima kalinya mereka bermain golf bersama sejak Trump menjabat sebagai presiden. Iring-iringan mobil golf membawa Abe untuk bertemu dengan Trump di Mobara Country Club. Keduanya saling berjabat tangan dan berfoto bersama untuk wartawan yang telah menunggu mereka.

Pagi itu, Abe mengenakan celana putih dan kaos olahraga biru tua bermotif garis-garis. Sementara Trumo mengenakan kemeja putih dan celana berwarna gelap. Kedua pemimpin negara tersebut bermain golf bersama dengan atlet golf profesional Jepang, Isao Aoki, yang terkenal dengan tekniknya.

Trump dan Abe bermain 16 hole, kemudian dilanjutkan dengan sarapan serta makan siang bersama. Menu makan siang yang disajikan adalah double chesse burger dengan daging sapi AS. Trump juga sempat menuliskan cicitannya di Twitter bahwa dia sedang bermain golf dengan Abe, dan menyukai permainannya. Tak hanya itu, Abe kemudian mengunggah swafoto yang sedang tersenyum lebar bersama Trump di akun Twitter-nya. 

"Aliansi Jepang-AS semakin tak tergoyahkan," tulis Abe dalam Twitter-nya.

Kedua pemimpin negara tersebut tidak berbicara kepada wartawan selama berada di klub golf. Trump mengabaikan pertanyaan wartawan AS mengenai apakah Korea Utara telah melanggar resolusi Dewan Keamanan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB).

Kementerian Luar Negeri Jepang dalam sebuah pernyataan mengatakan, kedua pemimpin negara tengah memperdalam hubungan persahabatan mereka dalam suasana yang santai. Kunjungan kenegaraan Trump bertujuan untuk menunjukkan kekuatan hubungan antara Jepang-AS.

Dalam sambutannya kepada para pemimpin bisnis pada Sabtu (25/5) malam, Trump mengatakan bahwa hubungan perdagangan antara kedua negara mengalami kemajuan signifikan. Trump berharap bisa memperdalam perjanjian perdagangan bilateral dengan Tokyo, sejak AS mengundurkan diri dari perjanjian Trans Pacific Partnership (TPP).

“Dengan kesepakatan ini, kami berharap dapat mengatasi ketidakseimbangan perdagangan, menghilangkan hambatan ekspor Amerika Serikat, dan memastikan keadilan dan timbal balik dalam hubungan kami. Dan kita semakin dekat," ujar Trump.

"Baru pekan lalu, ekspor daging sapi AS memperoleh akses penuh ke Jepang dan ke pasar di Jepang untuk pertama kalinya sejak tahun 2000. Kami menyambut dukungan Anda dalam upaya ini, dan kami berharap akan memiliki beberapa pengumuman lebih lanjut segera, dan beberapa pengumuman sangat besar selama beberapa bulan ke depan," kata Trump menambahkan.

Sebelumnya, pemerintahan Trump telah mengancam Jepang dengan tarif baru pada impor mobil dan suku cadang mobil dengan alasan keamanan nasional. Trump menyatakan, dia akan mengenakan tarif jika AS tidak dapat merebut konsesi dari Jepang dan Uni Eropa. Pada bulan April, surplus perdagangan Jepang melonjak hampir 18 persen menjadi 723 miliar yen atau 6,6 miliar dolar AS.

Setelah bermain golf, sore harinya Trump menghadiri turnamen sumo musim panas tahnan di Tokyo. Trump mempersembahkan piala yang besar untuk pemenang turnamen sumo.

Trofi itu dijuluki sebagai Piala Presiden, yang memiliki bobot antara 60 dan 70 pound atau 27 dan 32 kilogram. Menjelang turnamen, trofi tersebut telah dipajang di lobi sebuah hotel mewah di Tokyo. Gedung Putih menyatakan, Trump adalah presiden AS pertama yang menghadiri turnamen sumo. Selain itu, Trump juga menjadi presiden AS pertama yang memberikan piala di atas ring.

Presiden Trump dan istrinya, Melania Trump tiba di Jepang pada Sabtu (25/5). Pada Senin (27/5), Trump akan menjadi kepala negara pertama yang bertemu dengan kaisar baru Jepang, Naruhito. Kemudian pada malam harinya, Trump akan menjadi tamu kehormatan dalam sebuah jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh kaisar di Istana Kekaisaran Jepang.

Trump dan Abe juga akan bertemu dalam suasana yang lebih formal dan melakukan konferensi pers bersama. Selain masalah perdagangan, kedua pemimpin negara juga akan membahas program nuklir dan rudal Korea Utara (Korut). Trump dijadwalkan kembali ke Washington pada Selasa (28/5), setelah bertemu dengan para pelaut AS di atas USS Wasp, yang ditempatkan di Yokosuka, Jepang.

Sumber : Reuters/AP
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA