Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Tuesday, 15 Syawwal 1440 / 18 June 2019

Momen Menyejukkan: Pertemuan SBY, Megawati, dan Habibie

Senin 03 Jun 2019 02:40 WIB

Rep: Ali Mansur, Dessy Suciati Saputri/ Red: Elba Damhuri

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berbincang dengan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri (kanan) saat menghadiri pemakaman ibu negara Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Ahad (2/6/2019).

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berbincang dengan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri (kanan) saat menghadiri pemakaman ibu negara Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Ahad (2/6/2019).

Foto: Antara/Olha
SBY dan Megawati saling bersalaman di TMP Kalibata dan Mega pun mengucapkan sesuatu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemakaman Bu Ani Yudhoyono pada Ahad (2/6) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, menjadi momentum menyejukkan bangsa. Salah satunya, kehadiran Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, pada prosesi pemakaman Bu Ani.

Megawati hadir pada pukul 13.35 WIB dengan didampingi Puan Maharani dan politikus PDI Perjuangan, Pramono Anung. Ketua umum PDI Perjuangan itu datang mengenakan blus warna hitam, begitu juga dengan putrinya mengenakan pakaian hitam.

Megawati bersama para tokoh lain yang hadir di pemakaman seperti mantan presiden BJ Habibie dan mantan wapres Boediono langsung menyalami mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono --yang sangat berduka atas kepergian sang istri tercinta-- saat tiba di lokasi pemakaman. Momentum jabatan tangan antara Megawati dan SBY menjadi sangat penting mengingat kedua tokoh bangsa ini sudah lama tidak bertemu.

photo

Pemakaman Ani Yudhoyono: Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri (ketiga kanan) didampingi Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani (kiri), Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung (kiri) dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan) menghadiri pemakaman Ibu Negara periode 2004-2014 Ani Yudhoyono saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Ahad (2/6/2019).

Tampak, Megawati mengatakan sesuatu kepada SBY yang selama empat bulan lebih menemani Bu Ani perawatan di Singapura. SBY pun mengangguk saat Megawati mengatakan beberapa kata itu.

Saat duduk pun, kursi antara SBY dan Megawati ada istri Presiden Jokowi, Iriana Jokowi, yang menandakan simbol kesejukan di tengah situasi politik yang masih panas ini. Pertemuan SBY dan Megawati sebelum Ahad (2/6) ini terjadi pada Juni 2013 ketika prosesi pemakaman Taufiq Kiemas, suami Megawati, di TMP Kalibata.

Puan Maharani kemarin pun mengunggah foto dirinya bersama Megawati bertemu dengan SBY dan Bu Ani di Istana Negara. Kemungkinan besar, pertemuan penting itu terjadi saat upacara kenegaraan 17 Agustusan di era Presiden Jokowi.

Ketidakharmonisan hubungan antara Megawati dan SBY selama ini dinilai terjadi sejak majunya SBY sebagai capres pada 2004. Saat itu, SBY menjabat sebagai Menko Polhukam di bawah Presiden Megawati. SBY pun bertarung dengan Megawati pada Pilpres 2004 yang dimenangkan pasangan SBY-Jusuf Kalla.

Kehadiran Megawati di pemakaman Bu Ani sudah disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sejak Ahad pagi.  "Ibu Megawati Soekarnoputri akan memberikan penghormatan terakhir dengan didampingi oleh Puan Maharani," kata Hasto lewat keterangan tertulisnya, Ahad.

photo

Ani Yudhoyono Wafat: Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kanan) menangis disaksikan Presiden Joko Widodo (kedua kiri) dan Presiden ke-3 RI BJ Habibie (kiri) saat memberikan sambutan ketika kedatangan jenazah almarhumah Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6).

"Kami mendoakan semoga almarhumah husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan ditabahkan dan selalu dikuatkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Hasto.

Momentum lainnya yang ikut menyejukan suasana kebangsaan adalah saat Megawati dan Habibie berjalan bergandengan tangan menuju tempat pemakaman Bu Ani. Kedua mantan presiden Indonesia ini menebar senyum dan seolah ingin menunjukkan bahwa persatuan dan persahabatan menjadi sangat penting.

Iring-iringan jenazah Bu Ani Yudhoyono tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 14.20 WIB. SBY bersama keluarga, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono,  dua menantu Ani Yudhoyono, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa, berada dalam rombongan.

Sebelumnya, almarhumah disemayamkan di Pendopo Puri Cikeas, Kabupaten Bogor. Kemudian upacara pemakaman dilakukan secara militer dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai inspektur upacara.

photo

Pemakaman Ani Yudhoyono: Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Ahad (2/6/2019).

Tokoh-tokoh lain yang hadir antara lain Ibu Sinta Nuriyah, sejumlah menteri kabinet Jokowi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono meninggal dunia dalam perawatan di National University Hospital pada Sabtu pukul 11.50 siang waktu setempat. Ibu negara periode 2004-2014 itu tutup usia pada usia 67 tahun setelah terkena kanker darah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA