Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

PNM Motivasi UMKM Cirebon Tingkatkan Bisnis

Ahad 15 Jun 2014 19:31 WIB

Red: Julkifli Marbun

PNM

PNM

Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggelar pelatihan reguler motivasi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi nasabah UlaMM wilayah Cirebon, Jawa Barat, untuk meningkatkan bisnisnya lebih baik.

Pemimpin PNM Cabang Cirebon Budi Santoso kepada wartawan di Cirebon, Minggu, mengatakan pelatihan reguler dengan tema "Bersama PNM UlaMM, Kita Raih Kesuksesan dalam Berwirausaha" untuk meningkatkan motivasi bagi pelaku usaha di Cirebon serta memfasilitasi komunikasi antar-nasabah Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM).

PNM, lanjut Budi, secara aktif dan konsisten melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM di seluruh jaringan layanan ULaMM dengan memberikan pembekalan ilmu pemasaran, keterampilan berusaha, serta sikap optimistis dalam membangun bisnis kedepan.

"Kami juga berharap melalui kegiatan semacam ini bisa mendekatkan hubungan baik antar nasabah dengan PNM, sehingga bisa menumbuhkan sinergisitas," katanya.

Sekretaris Perusahaan PNM Gung Panggodo mengatakan sejak awal didirikan PNM Juni 1999, PNM telah menunjukan komitmen mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Komitmen tersebut diantaranya mewujudkannya melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan nasabah ULaMM yang rutin digelar di seluruh wilayah operasional bisnis PNM.

"Kegiatan ini bertujuan menghilangkan hambatan-hambatan dalam membangun bisnis UMKM, dengan menyediakan solusi yang gratis, cepat dan gampang agar bisnis mereka bertumbuh kembang," katanya.

Ia menambahkan PNM dengan program Peningkatan Kapasitas Usaha (PKU) merupakan bagian terintegrasi dari bisnis PNM sebagai BUMN yang dikhususkan bagi pemberdayaan UMKM.

Aktivitas pemberdayaan UMKM, kata Panggodo mengombinasikan bisnis pembiayaan dan peningkatan kapasitas usaha yang menjadi unggulan dan keunikan PNM dibanding lembaga keuangan lainnya.

"Kegiatan pelatihan dan pembinaan usaha ini sekaligus menjadi wadah pertukaran informasi produk dan kerjasama antar-nasabah ULaMM sehingga berdampak positif terhadap bisnis nasabah maupun Perseroan," kata Panggodo.

Sementara itu PNM Cirebon masuk dalam radar bisnis pembiayaan mikro PNM dengan potensi ekonominya yang cukup menjanjikan.

Terdapat lima klaster ULaMM yang masuk dalam kendali operasional PNM Cabang Cirebon yakni klaster Jati Barang, klaster Kuningan, klaster Pagaden, klaster Pekalipan, dan klaster Rajagaluh.

Tercatat sampai dengan Mei 2014, total penyaluran pembiayaan PNM ke sektor UMKM di wilayah Cirebon mencapai Rp172,9 miliar kepada 4.390 pelaku UMKM.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA