Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Senin, 15 Safar 1441 / 14 Oktober 2019

Bubos 2019, Pecahkan Rekor ORI Peserta Bukber Terbanyak

Ahad 26 Mei 2019 08:02 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan menunggu saatnya berbuka puasa pada acara Buka Bersama On The Street (Bubos) yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di area Gedung Sate, Jl Dipenogoro, Kota Bandung, Sabtu (25/5).

Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan menunggu saatnya berbuka puasa pada acara Buka Bersama On The Street (Bubos) yang digelar Pemerintah Provinsi Jawa Barat, di area Gedung Sate, Jl Dipenogoro, Kota Bandung, Sabtu (25/5).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Bubos 2019 pecahkan rekor ORI sebagai peserta bukber dan tadarus terbanyak

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Buka Bersama on the Street (Bubos) 2019 dinilai Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai kegiatan Tadarus dan Buka Puasa Bersama dengan peserta terbanyak melalui video conference. Bubos 2019 digagas oleh Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat beserta Jabar Bergerak, Tim Penggerak PKK Jawa Barat, dan sederet sponsor. 

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bubos 2019 merupakan program yang mencuatkan nilai-nilai kebersamaan sekaligus memuliakan bulan suci Ramadhan. Emil menilai, Bubos 2019 menampakkan wajah bangsa Indonesia yang sesungguhnya. 

Baca Juga

“Inilah wajah Indonesia yang sebenarnya. Kita melaksanakan buka bersama serentak di 27 Kota/Kabupaten, kemudian tadarus serentak juga mendapatkan rekor ORI juga,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil di area Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (25/5). 

Acara Bubos tersebut turut dimeriahkan oleh masyarakat nonmuslim. Terdapat beberapa komunitas lintas agama yang ikut  menyukseskan Bubos 2019. Hal tersebut menunjukkan bahwa kerukunan adalah wajah Jawa Barat.

“Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh umat Islam tapi juga umat beragama lainnya yang merasakan pentingnya kerukunan, merasakan ikut berbahagia umat Islam melaksanakan kegiatan buka puasa bersama,” katanya.

Emil pun berharap hal tersebut menjadi spirit dari Pemprov Jawa Barat yang gemanya terdengar sampai ke seluruh daerah Indonesia. Dengan begitu, nikmat berbangsa dan bernegara di Jawa Barat bisa terus dijaga.

“Mudah-mudahan spirit hari ini dari Provinsi Jawa Barat resonansi (gema atau gaung) bisa sampai ke seluruh Indonesia. Dan kita jaga nikmat Allah, nikmat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniah, dan ukhuwah insaniah kita,” katanya.

Dengan mengusung tema “Memuliakan Al Quran, Memperkuat Ukhuwah, dan Menghadirkan Cinta”, Bubos 2019 menghadirkan siraman rohani tentang Hikmah Nuzulul Quran yang disampaikan oleh Ustaz Aam Amirudin. Kemudian, dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama serentak.

Sekitar 12 ribu orang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 50 OPD provinsi, kaum dhuafa, lansia, komunitas, dan masyarakat umum, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar, termasuk para kepala daerah serta warga Jabar dari 27 Kabupaten/Kota ikut serta dalam Bubos 2019. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA