Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

Ahad 23 Jun 2019 18:11 WIB

Red: Rahmat Santosa Basarah

Sejumlah finalis Duta Bahasa Jawa Barat 2019 pada Malam Bakat yang digelar di Saung Angklung Udjo, Sabtu (22/6)

Sejumlah finalis Duta Bahasa Jawa Barat 2019 pada Malam Bakat yang digelar di Saung Angklung Udjo, Sabtu (22/6)

Antara lain ada yang menyanyi, membaca puisi serta menari

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Sebanyak 40 finalis Duta Bahasa Jawa Barat, unjuk bakat pada malam Bakat yang digelar di Saung Angklung Udjo, Sabtu malam (22/6). ''Unjuk Bakat para finalis ini merupakan salah satu unsur penilaian kami,'' tandas Ketua Panitia Duta Bahasa Jabar 2019, Ade Mulyanah dalam sambutannya di acara tersebut. Dikatakan Ade, untuk tahun ini, yang mendaftar pada pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat sejumlah 411 orang. Kemudian setelah diseleksi, menjadi 150 orang dan diseleksi lagi, terpilih 40 orang finalis. Selanjutnya, 40 finalis ini akan mendapatkan pembekalan pada 24 serta 25 Juni 2019. Malam final akan digelar pada 27 Juni 2019.

Ade berharap bahwa orang yang nantinya terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Barat 2019 harus berwawasan luas, menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar, memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Jawa Barat, berkepribadian baik dan berpenampilan menarik. Serta harus menguasai minimal satu bahasa asing dan salah satu bahasa daerah di Jawa Barat.

 

photo
Ketua Panitia Duta Bahasa Jawa Barat 2019, Ade Mulyanah saat memberikan materi pada Seleksi Tahap II.

Duta Bahasa harus tetap memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa daerah sebagai jati diri bangsa. ''Selain harus mahir berbahasa Indonesia, Duta Bahasa harus menguasai bahasa daerah dan bahasa asing karena itu merupakan identitas bangsa dan alat komunikasi sebagai warga dunia,''  kata Ade.

photo
Dewan Juri Duta Bahasa Jawa Barat 2019

Pada kesempatan yang sama, Kasubbag TU Balai Bahasa Jawa Barat, Ardianto Bahtiar mengungkapkan bahwa kegiatan pemilihan Duta Bahasa ini merupakan hadirnya negara dalam rangka meningkatkan dunia literasi dan budaya dari berbagai sisi. Sedangkan Dirut Saung Angkung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengaku bangga, setiap tahun diselenggarakan kegiatan Duta Bahasa Jabar, dan salah satu kegiatan diselenggarakan di Saung Angklung Udjo.

Pada Malam Bakat tersebut, masing-masing finalis menampilkan bakat dan ketrampilan masing-masing. Antara lain ada yang menyanyi, membaca puisi serta menari. Sebanyak 40 finalis ini berasal kabupaten atau kota yang ada di Jawa Barat. Antara lain merupakan mahasiswa atau mahasiswi dari STBA Yapari-ABA Bandung, UPI, STIH, UI serta Unpad.

photo
Finalis Duta Bahasa Jawa Barat 2019 tampil di Malam Bakat

Dubas Jabar pertama kali diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jabar pada tahun 2006. Seleksi Dubas Jabar memang selalu diminati oleh para remaja di Jawa Barat dan peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan catatan panitia, para remaja yang mendaftar untuk diseleksi dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Jabar dalam tiga tahun terakhir mencapai 1.109 orang dengan rincian 201 orang tahun 2016, 396 orang (2017), dan 512 orang (2018).

Dalam seleksi pemilihan Dubas Jabar 2019, kriteria yang harus dipenuhi peserta adalah  Berusia 17—25 tahun, menguasai bahasa Indonesia, salah satu bahasa daerah di Jawa Barat dan minimal satu bahasa asing. Juga berkepribadian baik dan memiliki ketrampilan yang dapat dipertunjukkan atau menguasai kesenian Jawa Barat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA