Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Wednesday, 7 Syawwal 1442 / 19 May 2021

Ini Alasan MPJ Lebih Dukung Sandiaga Ketimbang Yusril

Selasa 02 Aug 2016 09:02 WIB

Rep: c39/ Red: Angga Indrawan

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan pekerja Majelis Pelayan Jakarta (MPJ), Iwel Sastra menyatakan bahwa MPJ mempunyai beberapa kriteria untuk menetapkan calon gubernur DKI Jakarta . Pertama,  kata dia, kandidat harus memiliki kapasitas kepemimpinan. Kedua, dari segi  tren elektabilitas. Ketiga dilihat dari tingkat keterpilihan dari partai.  Terakhir, dilihat dari intensitas komunikasi dengan MPJ.

Saat ini dari tujuh tokoh Muslim yang didukung MPJ, hanya dua tokoh yang didukung untuk menjadi gubernur DKI Jakarta, yaitu Prof Yusril Ihza Mahendra dan Sandiaga Uno. Namun, seiring perkembangan politik di DKI Sandiaga dinilai lebih didukung untuk maju. “Sampai saat ini, jika dibandingkan dengan Prof Yusril, mas Sandiaga Uno sudah memiliki empat kategori tersebut,” kata Iwel, Selasa (2/8).

Iwel kemudian membandingkan antara alasan keterpilihan Sandiaga dan Yusril. Walaupun, kedua tokoh tersebut masih tetap didukung oleh MPJ untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.  Menurut Iwel, dari segi tren elektabilitas hasil survei yang ada, Sandiaga Uno cenderung meningkat.

Kemudian, lanjut dia, dari tingkat keterpilihan oleh partai, Sandiaga sudah didukung Gerindra dan PKS sudah menyatakan dukungannya juga. Selain itu, komunikasi Sandiaga dengan MPJ juga sangat baik.

“Sementara, Prof Yusril kita lihat memang tren elektabilitas survei juga bagus, bahkan di lembaga survei pak Yusril ini bisa menyaingi pak Ahok,” ujar dia.

Namun, kata dia, MPJ masih belum melihat tingkat keterpilihan partai dari Yusril, karena sampai saat ini belum ada partai yang mendukungnyal . Meskipun, kata Iwel, Yusril sudah rajin berkomunikasi dengan berbagai macam partai politik dan sudah mulai membuka diri untuk berkomunikasi dengan MPJ.

“Kami fokus kepada dua nama ini sebagai calon gubernur, Yusril dan Sandiaga Uno,” ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA