Selasa, 19 Rajab 1440 / 26 Maret 2019

Selasa, 19 Rajab 1440 / 26 Maret 2019

Sujud Syukur, Emil: Terima Kasih Warga Jabar

Rabu 27 Jun 2018 16:31 WIB

Rep: Zuli Istiqomah, Arie Lukihardianti/ Red: Andri Saubani

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya menunjukan tinta di jari kelingking usai mencoblos dalam Pilkada Serentak 2018, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21, Cigadung, Kota Bandung, Rabu (27/6).

Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama istri Atalia Praratya menunjukan tinta di jari kelingking usai mencoblos dalam Pilkada Serentak 2018, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 21, Cigadung, Kota Bandung, Rabu (27/6).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Pasangan Ridwak Kamil-Uu unggul melalui hasil hitung cepat beberapa lembaga survei.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Calon gubernur Jawa Barat (cagub Jabar) Ridwan Kamil sujud syukur atas kemenangan sementaranya di pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat menurut hasil perhitungan cepat (quick count) beberapa lembaga survei. Ridwan pun tak kuasa menahan rasa harunya saat menyampaikan pidatonya di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Rabu (27/6).

Hingga pukul 16.00 WIB, beberapa lembaga yang menggelar perhitungan cepat menempatkan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) di posisi pertama. Berdasarkan hasil quick count Litbang Kompas, Rindu meraih perolehan suara sebnayak 32,85 persen dengan persentase sampel 87,25 persen. Sementara itu, di Indobarometer, pasaggan Rindu juga unggul dengan capaian 32,03 persen, dengan data 75 persen yang sudah masuk.

Dalam pidatonya, pria yang akrab disapa Emil ini mengucapkan terima kasihnya kepada pihak-pihak yang telah berjuang bersamanya dalam pilgub Jawa Barat ini. Pada awal pidatonya ia beberapa kali terdiam menahan air mata.

"Terima kasih kepada semua yang mensedekahkan waktunya pada perjuangan Rindu. Mensedakahkan untuk membela cita-cita melalui proses yang melelahkan tali mulia ini. Tidaklah cukup panggung ini untuk menampung semua orang yang betul-betul bekerja yang saya tahu luar biasa," kata Emil.

Emil mengatakan, perhitungan quick count memang merupakan hasil sementara. Namun, ia optimistis hasil versi quick count ini sebagian besar mewakili hasil real count nantinya.  

"Per detik ini quick count sudah mendekati final. Di mana menurut teori statisik kalau sudah 80 persen hampir tidak ada perubahan yang berarti. Sehingga, dalam memonitor lima-enam lembaga survei quick count untuk pasangan Rindu, empat-lima menang," ujarnya.

Meski demikian, ia tetap akan menunggu keputusan resmi dari KPU Jawa Barat nantinya. Ia mengimbau kemenangan sementara ini bisa disyukuri dengan santun dan tidak berlebihan.

Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Barat M Iriawan menilai, pada tahun ini tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018 meningkat dari pemilihan sebelumnya. Peningkatan terjadi dari 63 persen menjadi 72 persen partisipasi masyakarat.

"Alhamdulillah seluruhnya berjalan lancar, partisipasi masyarakat meningkat. Kalau direkap lebih dari 72 persen, yang jelas meningkat dibandingkan pilkada sebelumnya (pilgub Jawa Barat 2013)," ujar Iriawan setelah melakukan video conference Desk Pilkada Jawa Barat dengan KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Rabu (27/6).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA