Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Selasa, 23 Safar 1441 / 22 Oktober 2019

Tingkat Partisipasi Warga Jabar di Pilkada Meningkat

Rabu 27 Jun 2018 17:00 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andri Saubani

Warga memasukan surat suara saat Pilkada serentak 2018 di TPS 19, Sempur, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/6).

Warga memasukan surat suara saat Pilkada serentak 2018 di TPS 19, Sempur, Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/6).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Tingkat partisipasi masyarakat Jabar di Pilkada Serentak tahun ini sebesar 73 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penjabat Gubernur (Pj) Jawa Barat M Iriawan menilai, pada tahun ini, tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018 meningkat. Dari persentase partisipasi sebesar 63 persen pada pilkada sebelumnya, menjadi 72 persen.

"Alhamdulillah seluruhnya berjalan lancar, partisipasi masyarakat meningkat. Kalau direkap lebih dari 72 persen yang jelas meningkat dibandingkan pilkada sebelumnya (Pilgub Jawa Barat 2013)," ujar Iriawan usai melakukan video conference Desk Pilkada Jawa Barat dengan KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Rabu (27/6).

Iriawan mengatakan, tingkat partisipasi Pilkada Jawa Barat pada 2013 hanya 63 persen. Ia memperkirakan meningkatnya tingkat partisipasi pemilih di Jawa Barat pada Pilkada Serentak 2018 salah satunya dikarenakan massifnya sosialiasi.

In Picture: TPS Bernuansa Piala Dunia 2018.

Selain itu, kata Iriawan, pemilih meningkat karena sosialisasi oleh pemerintah daerah maksimal. Kemudian, dari KPU dan masyarakat juga sudah sadar betul bahwa mereka bisa memilih pemimpin walaupun pilihannya beda-beda.

"Ini kebahagian buat kita tentunya" katanya.

Iriawan menilai, meningkatnya partisipasi masyarakat pada Pilkada Jawa Barat 2018 juga tak lepas dari bantuan media massa. "Terima kasih peran serta media yang ikut serta membantu menyosialisasikan Pilkada 2018 ini dengan terus menerus hingga sekarang pilkada berjalan lancar seperti saat ini," katanya.

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat, engucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat terkait meningkatnya partisipasi pemilih di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018. "Terima kasih, ini semua juga tak lepas dari peran serta teman-teman media yang ikut serta memberitakan berita-berita positif," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA