Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Nurul Arifin - Rully Ingin Kembangkan Usaha Lewat Sentra UKM

Rabu 21 Feb 2018 19:38 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah

Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat

Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat

Foto: Republika/Edi Yusuf
Pengembangan UKM menjadi salah satu program prioritas yang ingin direalisasikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung domor urut 1, Nurul Arifin dan Chairul Yaqin Hidayat (Rully) melihat potensi usaha kecil menengah (UKM) di Kota Bandung sangat besar. Karenanya pengembangan UKM menjadi salah satu program prioritas yang ingin direalisasikan.

Rully mengatakan upaya pengembangan UKM di antaranya dengan pemusatan UKM sesuai dengan jenis-jenisnya. Sentra-sentra UKM ini dinilai sangat membantu dalam pengembangan bisnis UKM. "Seharusnya pemerintah kota seperti membuatkan destinasi (UKM) yang akan mempromosikan produk Bandung itu sendiri," kata Rully di sela-sela kampanyenya mengunjungi sentra pembuatan keramik Kiaracondong, Rabu (21/2).

Menurut Rully, dengan sentra-sentra UKM sesuai jenisnya dapat meningkatkan minat masyarakat pada produk tersebut. Hal ini didukung dengan Bandung sebagai destinasi wisata yang banyak didatangi wisatawan.

Ia menilai pelaku UKM Kota Bandung sangat kreatif menciptakan kerajinan tangan yang menjadi daya tarik. Namun masih tersebar-sebar sehingga membuat wisatawan kesulitan menjangkau. Oleh karenanya kerja sama antara pelaku usaha dengan wisata sangat penting ke depannya.

"Jadi //tour guide nampir ke sentra ini, mampir ke Ujung Berung ada sentra anak metal. Kita imbau juga agar kerja sama pelaku usaha pelaku wisata dan kita sebagai wisatawan juga," ujarnya.

Selain itu pengembangan UKM, dia mengatakan bisa digerakkan dengan menumbuhkan kecintaan kepada produk asli Bandung di kalangan masyarakat. Dengan demikian, produk Bandung tidak kalah dengan buatan negara lain yang mulai masif masuk ke pasar Indonesia. "Pemkot harus mencarikan perhatian dengan cara ada gerakan kebanggaan memakai produk Bandung. Kalau bangga ya di rumahnya pakai dong ada beberapa produk," ucapnya.

Senada dengan Rully, calon wakil wali kota nomor urut 3 Yana Mulyana juga menginginkan adanya pemusatan produk-produk dari wirausahawan di Kota Bandung. Sebab, potensi produk hasil warga Kota Bandung sangat banyakndan potensial untuk dikembangkan.

"Saya jalan banyak sentra di Kota Bandung ada tahu, boneka, baju. Harusnya ke depan itu dibuat sentra khusus jadi pemerintah hadir lebih fokus. Sekarang tidak tersentralisir," kata Yana dalam kegiatan kampanyenya di Kecamatam Regol, Rabu (21/2).

Jika terpilih, pasangan dari Oded M Danial ini juga mengatakan pemerintah akan memberikan pendampingan dan pelatihan intensif kepada para pelaku UKM. Tak hanya itu, bantuan pemasaran yang masif akan dilakukan.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA