Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Ini Pernyataan Kontroversial Nusron Wahid yang Mengkritik Keputusan MUI

Rabu 12 Oct 2016 16:24 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Nusron Wahid

Video Ahok yang menjadi viral di sosial media.

Foto:

Yang paling tahu apa yang disampaikan Ahok di Pulau Seribu ya Ahok. Bukan orang lain. Itu ilmu tafsir, ilmu teks. Karena itu dia tabayun menjelaskan dia minta maaf tak pernah bermaksud menyakiti umat Islam, "Saya tak pernah bermaksud melakukan seperti itu." Itu dilakukan

Pertanyaan saya, saudara saya Nasir Djamil tadi mengatakan perlu tabayun, Majelis Ulama Indonesia hari ini membuat keterangan seperti itu yang katanya dijadikan lisensi, apakah sudah melakukan tabayun kepada Ahok atau memanggil Ahok? maksudnya seperti itu. Tabayun itu harus memanggil orangnya. Bukan berpendapat sendiri. Itu Tabayun.

Ini saya sampaikan dengan kebenaran, untuk membuktikan apa yang saya sampaikan. Saya ingin mengutip sebuah hadits nabi. Nabi pernah mengatakan, "Khoirul quruni qorni tsumma ladzina layunahum." 

Sebaik-baiknya masa adalah masaku pada saat Nabi Muhammad, setelah itu masa sahabat, setelah itu masa sahabat Bani Umayyah, setelah itu masa sahabat Bani Abbasiyah, setelah itu masa ulama-ulama, ulama, ulama sampai sekarang. Ini adalah  derajat kebaikan.

Saya ingin bertanya, sejarah membuktikan pak Karni, tidak ngarang pada abad Bani Abbasiyah, khalifah Abbasiyah ke-16 Sultan Khalifah Al Muktadid Billah pernah mengangkat seorang gubernur namanya Umar bin Yusuf, seorang Kristen taat menjadi gubernur di Al- Anbar Irak, apakah waktu itu tidak ada surat al-maidah 51? pada zaman itu, apakah pada saat itu tidak ada ulama-ulama yang menafsirkan Al-Maida.

Mohon maaf, apakah ulama-ulama saat itu, kalah saleh kalah alim dengan ulama-ulama hari ini? Bukti kedua dari semua ayat terjemahan Alquran,  hanya teks bahasa indonesia saja yang memaknai "Awliya" itu pemimpin.  Bahasa Inggris tidak ada.

Karena itu bapak ibu sekalian. Apa yang disampaikan Ahok tak lepas dari konteks sosial saat ini. Sebelum ahok dilantik menjadi gubernur menggantikan pak Jokowi sudah ada kok di ILC juga ini saya hadir yang mengatakan menolak Ahok menjadi gubernur pada saat itu karena juga dengan ayat ini, dan bahkan membuat gubernur tandingan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA