Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Bamsoet Minta DPR Harus Lebih Merakyat

Selasa 08 May 2018 23:58 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Muhammad Hafil

Ketua DPR RI - Bambang Soesatyo

Ketua DPR RI - Bambang Soesatyo

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Bamsoet mengatakan pihaknya bekerja sama dengan KPK dalam pelaporan LHKPN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menekankan pentingnya akuntabilitas dan transparansi kepada setiap anggota DPR dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tak hanya itu, publikasi juga perlu dilakukan agar rakyat mengetahui apa saja yang dilakukan para wakilnya di parlemen.

"Saya meminta para anggota dewan agar mau membagi berbagai kegiatannya melalui media sosial pribadi maupun whatsapp group. Ini dilakukan agar publik bisa mengetahui kegiatan di DPR, saat kunker ataupun di daerah pemilihan," ujar Bamsoet, Selasa (8/5).

Politikus Partai Golkar ini menuturkan, berbagai langkah perbaikan terus dilakukan DPR dalam rangka transformasi menuju parlemen modern. Melalui penerapan transparansi, teknologi informasi, dan representasi, DPR Jaman Now diharapkan akan lebih dekat lagi dengan rakyat. Kata Bamsoet, saat ini pihaknya sedang membangun sistem agar berbagai kegiatan DPR, baik persidangan maupun kunjungan kerja, dapat diketahui rakyat secara real time melalui aplikasi DPR NOW yang bisa diinstal di handphone.

"Kita juga melakukan kerjasama dengan KPK dalam pelaporan LHKPN, dengan Dirjen Pajak dalam pelaporan pajak anggota, dan membuat website khusus laporan pengaduan masyarakat dalam rangka mewujudkan transparasi di DPR," terang Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III DPR ini juga meminta para anggota DPR RI turut melibatkan Biro Pemberitaan Parlemen dalam setiap aktivitas kedewanan. Sehingga, berbagai kegiatan bisa di publikasikan melalui akun media sosial dan website resmi DPR RI, TV dan Radio Parlemen, maupun di buletin dan majalah DPR.

Menurut Bamsoet, tahun 2017 lalu, DPR menerima dua penghargaan untuk kategori Website dan Media Sosial dari ajang kompetisi public relations yang diselenggarakan majalah Public Relations. Kompetisi tersebut diikuti berbagai Biro Humas perusahaan swasta, BUMN, organisasi, lembaga kementerian, maupun pemerintah daerah. "Ini membuktikan bahwa kinerja Biro Pemberitaan Parlemen sudah cukup bagus, dan tentu akan terus kita tingkatkan," kata Bamsoet.

Bamsoet mengapresiasi langkah Akbar Faisal dari Fraksi Nasdem yang meluncurkan laporan kinerjanya sebagai anggota DPR RI dalam acara diskusi tersebut. Sebagai representasi rakyat, maka kinerja Akbar Faisal memang harus dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.

"Saya kenal baik saudara Akbar Faisal. Beliau sosok yang sangat kritis. Pandangannya sangat tajam dalam melakukan pengawasan terhadap pemerintah. Semua ia lakukan sebagai wujud pertanggungjawaban kepada konstituen yang memilihnya. Jika semua anggota DPR dapat melakukan hal yang serupa, tentu akan memperkuat kinerja dan citra DPR di mata publik," ujar Bamsoet.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA