Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

Sunday, 17 Rajab 1440 / 24 March 2019

PAN: Menpan RB Pilih Mundur dari Kabinet Kerja Jokowi-JK

Selasa 14 Aug 2018 14:47 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menyampaikan program Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip), di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (3/4).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menyampaikan program Percepatan Reformasi Birokrasi Melalui Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip), di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (3/4).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Viva mengatakan, Asman telah meminta izin kepada partai untuk mengundurkan diri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur akan mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi saat menanggapi isu pergantian atau reshuffle Asman dari kabinet.

Menurut Viva, keputusan mengundurkan diri itu dilakukan Asman usai PAN resmi mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019. "Hari ini, saya telah melakukan komunikasi dengan Pak Asman, Pak Asman menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Pak Jokowi," ujar Viva saat ditemui wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (14/8).

Viva beralasan, mundurnya Asman karena tidak ingin membebani pemerintahan Jokowi-JK. Hal ini karena sikap politik PAN berbeda dengan pemerintah. 

Baca Juga: Relawan jokowi Desak PAN Tarik Menpan RB

Ia mengatakan, mundurnya Asman juga menjadi sebuah pelajaran politik untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan etika politik. "Pak Asman merasa kalau kemudian berbeda, maka lebih baik Pak Asman mengundurkan diri sebagai menteri di kabinet Presiden Jokowi," ujar Viva.

Wakil Ketua Komisi IV DPR itu juga membantah jika mundurnya Asman dari posisi menteri karena diminta oleh Jokowi atau dari partai. "Nanti secara teknis biar Pak Asman yang menyatakan itu, tetapi hari ini Pak Asman juga sudah bertemu dengan Pak Pratikno dan telah menyatakan hal tersebut," kata Viva.

photo

Viva Yoga Mauladi.

Ia pun meyakini, Jokowi akan menghormati sikap Asman yang memilih mundur dari kabinet pemerintahan Jokowi-JK. Namun, ia menilai, Jokowi pun puas dengan kinerja Asman sebagai menpan RB yang terus meningkatkan kinerja Kemenpan RB.

"Saya rasa Presiden juga tidak akan keberatan karena ini dalam rangka menjaga fatsun politik, menjaga keadaban dalam politik. Kalau kemudian dari parpol berbeda pilihan politik, nah kita smuanya harus saling menghormati," katanya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan dalam waktu dekat kemungkinan akan terjadi reshuffle kabinet. Praktikno memberi sinyal kemungkinan yang akan diganti adalah Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur.

Mensesneg mengatakan, hal ini berkaitan dengan Partai Amanat Nasional (PAN) yang memilih berkoalisi dengan kubu seberang dan melepas koalisi dengan partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pencalonan presiden 2019-2024. "Ini konsekuensi dari dinamika politik perkoalisian," katanya ditemui di kantornya, Selasa (14/8). 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA