Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

Senin, 22 Safar 1441 / 21 Oktober 2019

KPU Undang Megawati, SBY dan Habibie Hadiri di Debat Capres

Sabtu 12 Jan 2019 14:41 WIB

Rep: Dian Erika Nugraheny/ Red: Esthi Maharani

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (2/10).

Foto: Republika/Mimi Kartika
Para mantan presiden dan mantan wakil presiden ini adalah tokoh bangsa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan, mengatakan pihaknya akan mengundang sejumlah mantan presiden dan mantan wakil presiden dalam debat pertama pilpres pekan depan. Nama Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ada dalam daftar undangan itu.

"Kami rencananya akan mengundang Presiden ketiga Pak BJ Habibie, Presiden Kelima Ibu Megawati Soekarnoputri dan Presiden Keenam Bapak SBY. Selain itu, kami juga mengundang para mantan Wakil Presiden, yakni Pak Try Sutrisno dan Pak Hamzah Haz," ujar Wahyu ketika dikonfirmasi wartawan, Sabtu (12/1).

Try Sutrisno merupakan mantan wakil presiden keenam sementara Hamzah Haz adalah mantan wakil presiden ketujuh. Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla, juga akan diundang untuk menyaksikan debat pertama tersebut.

Wahyu menuturkan rencana mengundang para tokoh ini sudah disepakati dalam rapat bersama antara KPU, Bawaslu, TKN Jokowi-Ma'ruf Amin dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno. "Beliau semua ini sudah kami pastikan undangannya sebab sudah disepakati dalam rapat dengan berbagai pihak. Kami harapkan mereka semua bisa hadir menyaksikan debat secara langsung," lanjut Wahyu.

Dia mengungkapkan, para mantan presiden dan mantan wakil presiden ini adalah tokoh bangsa. "Karena itu para bapak dan ibu bangsa ini kami undang sebagai salah satu komponen masyarakat. Bersamaan dengan tokoh dari  berbagai latar belakang, baik akademisi, budayawan, pengusaha, tokoh pemuda, perwakilan mahasiswa dan sejumlah pihak lain," ungkap Wahyu.

Wahyu menambahkan, secara total ada 500 orang undangan yang akan hadir dalam venue debat capres-cawapres di Hotel Bidakara pekan depan. Mereka terdiri dari masing-masing 100 orang pendukung capres-cawapres Prabowo-Sandiaga Uno dan Jokowi-Ma'ruf Amin dan 300 orang undangan dari KPU.

"Sehingga secara total ada 500 orang yang hadir di venue debat nanti," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, debat pertama capres-cawapres Pemilu 2019 akan digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, 17 Januari 2019. Debat dimulai pukul 19.00 WIB. Debat pertama ini akan mempertemukan pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Debat tersebut akan mengangkat empat tema, yakni hukum, HAM, korupsi dan terorisme. Secara keseluruhan, debat akan dibagi dalam enam segmen dengan durasi total 120 menit dan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno-Imam Priyono.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA