Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Jokowi Janji Jawab Aksi Kamisan di Debat Pilpres

Rabu 16 Jan 2019 15:45 WIB

Red: Esthi Maharani

Presiden Jokowi saat berbicara di program Visi Presiden

Presiden Jokowi saat berbicara di program Visi Presiden

Foto: Ist
Jokowi siap datang dan menjawab seluruh pertanyaan dengan data

REPUBLIKA.CO.ID, SENTUL  -- Calon presiden pejawat Joko Widodo akan menjawab berbagai persoalan menyangkut penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM. Salah satunya harapan para penggagas Aksi Kamisan yang sudah 12 tahun melakukan aksi di depan Istana Presiden.

"Ya besok kan termasuk masalah HAM ada," kata Joko Widodo (Jokowi) setelah acara Program Wirausaha ASN & Pensiunan yang digelar di Sentul International Convention Center (SICC) di Sentul, Rabu (16/1).

Capres nomor urut 01 itu mengatakan bersiap datang dan menjawab seluruh pertanyaan dengan data-data yang telah disiapkan. Mengingat tema debat capres putaran pertama terkait masalah hukum, pelanggaran HAM, korupsi, dan terorisme maka ia mengaku siap dengan berbagai pertanyaan yang akan disampaikan.

"Ya kita datang saja. Datang ya sesuai dengan materi, materinya kan hukum, materinya kan HAM, materinya kan terorisme, materinya kan korupsi. Ya sudah," katanya.

Selama ini Pemerintahan Jokowi dianggap kurang dalam mendorong penuntasan kasus HAM sebagaimana harapan para penggagas aksi Kamisan yang menginginkan kasus-kasus pelanggaran HAM diusut dan dituntaskan. Bertepatan dengan dilaksanakannya debat capres putaran pertama pada 17 Januari 2019 merupakan aksi ke-570 mereka.

Anggota Aksi Kamisan yang terbentuk pada 18 Januari 2007 terdiri dari korban dan keluarga korban tragedi Semanggi I, Semanggi II, Trisakti, Tragedi 13-15 Mei 1998, Talangsari, Tanjung Priok, dan Tragedi 1965.

"Nanti kita jawab juga besok," kata Jokowi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA