Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Kedua Kubu Beriktikad tak Serang Personal Saat Debat Capres

Rabu 16 Jan 2019 19:50 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

Debat capres-cawapres (Ilustrasi).

Foto: Dok Republika.co.id
Debat capres mengedepankan visi-misi capres dan cawapres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kedua kubu pasangan calon saling beriktikad tidak akan mengungkit hal yang bersifat personal dalam debat calon presiden pertama Kamis (17/1) esok. Sebab, debat capres yang dikedepankan adalah visi-misi capres dan cawapres.

Dari kubu pasangan nomor urut 01, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Arsul Sani memastikan Jokowi-Ma'ruf tak akan mengungkit hal yang sifatnya personal. Menurut Arsul, sesuai dengan arahan ketua umum partai pendukung Jokowi-Ma-ruf tadi malam, paslon lebih menekankan pada visi misi pasangan calon nomor urut 02.

"Arahnya debat itu terkait dengan rekam jejak dan kebijakan yang menjadi platform atau turunan visi misi dari paslon 02. Kami sepakat untuk tak masuk ke hal-hal yang sifatnya sangat personal," kata Arsul di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (16/1).

Menurutnya, jika pun menyinggung rekam jejak pasangan lawan secara personal maka bukan dalam debat capres. Sekjen PPP itu menerangkan dalam forum debat capres tak mengangkat hal-hal yang sifatnya sangat spesifik dan sangat teknis.

"Bukan di debat langsung antar capres dan cawapres. Biar jadi porsinya TKN dan BPN. Soal-soal yang terkait misalnya performance bisnis Pak Sandi, bisnis Pak Prabowo," kata Arsul.

Ia juga memastikan timnya menganut praduga tak bersalah terhadap Prabowo terkait kasus penculikan aktivis. Ia pastikan hal itu tak akan ditanyakan sama sekali.

"Katakanlah kita tetap menganut praduga tak bersalah, Pak Prabowo juga terimplikasikan dalam kasus itu, kemudian menjadi kita ewuh pakewuh ngga tanyakan itu sama sekali," kata Arsul.

Sementara dari kubu pasangan nomor urut 02, Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Ahmad Muzani memastikan materi yang disampaikan Prabowo-Sandiaga tidak akan keluar dari tema perdebatan. Ia juga memastikan Prabowo-Sandiaga tidak akan menyerang personal pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kan semua tahu Pak Prabowo tidak pernah menyerang personal," ujar Muzani.

Ia pun menyambut baik jika kedua pasangan calon saling bersepakat tidak akan menyerang personal dalam debat capres. Sebab ia menilai, debat capres yang dikedepankan adalah visi dan misi capres dan cawapres.

"Persoalan sisi personal menurut saya juga baik untuk dijadikan sebuah serangan dari calon. Saya kira baik meski di banyak negara demokrasi persoalan itu menjadi amunisi,' ujar Sekjen Partai Gerindra itu.

Baca juga: Kapan Tjahjo Diperiksa untuk Kasus Meikarta? Ini Jawaban KPK

Baca juga: Iluni UI Somasi Pihak yang Mengatasnamakan Mereka

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA