Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Jokowi Irit Bicara, Banyak Tersenyum Usai Pemantapan Debat

Kamis 17 Jan 2019 00:07 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo

Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Jokowi mempersilakan Yusril untuk menjawab pertanyaan wartawan soal debat capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Usai menghadiri persiapan debat final menjelang debat capres, Joko Widodo (Jokowi) tak terlihat beriringan dengan capres KH Ma'ruf Amin saat meninggalkan Gedung Djakarta Theater. Jokowi mengaku kegiatan yang dilakukannya satu malam sebelum acara debat capres lebih merupakan persiapan, pemantapan, dan evaluasi terhadap penguasaan materi.

Baca Juga

Jokowi tidak banyak memberikan keterangan detail kepada wartawan. Dia lebih banyak tersenyum ketika mendengar pertanyaan wartawan dan mempersilakan kuasa hukumnya, Yusril Ihza Mahendra, untuk menjelaskan detailnya.

"Ya, ini apa persiapan, pemantapan, dan evaluasi, terutama memang untuk materi-materi. Akan tetapi, untuk lebih jelasnya, biar Prof. Yusril yang menyampaikan. Silakan Prof.," katanya di Gedung Djakarta Theater, Rabu malam.

Yusril pun mengatakan bahwa ia sebagai penasihat hukum Jokowi-Ma'ruf dilibatkan dalam persiapan debat capres untuk memberikan masukan dari sisi hukum dan Hak Azasi Manusia. Yusril menilai pasangan Jokowi-Ma'ruf lebih siap menghadapi debat capres.

"Jadi, materi-materi yang sudah dihimpun dari media, dari media sosial, isu yang berkembang di tengah masyarakat sudah dirangkum, dianalisis, dan dimantapkan baik oleh Pak Jokowi sendiri maupun oleh Pak Ma'ruf Amin. Besok beliau akan hadir dalam debat capres sesi pertama dan dari pemantapan tadi, insya Allah, besok akan lebih baik," kata Yusril.

Jokowi saat ditanya kostum atau pakaian yang akan dikenakannya, tawanya pecah. Ia menjawabnya dengan berkelakar.

"Ya, yang jelas besok pakai pakaian, hahaha. Sudah, sudah, sudah. Prof, makasih," katanya sambil menyalami Yusril, lalu meninggalkan tempat tersebut.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan ia sudah lebih siap untuk mengikuti debat perdana pemilihan presiden 2019. Terlebih, setelah timnya melakukan pemantapan.

"Namanya pemantapan, ya, mantaplah, mantul-mantul, mantul (mantap betul)," kata Jokowi.

Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang dan berpeci hitam tiba di Djakarta Theatre pukul 19.30 WIB. Dia keluar dari gedung tersebut sekitar pukul 21.50 WIB didampingi oleh Yusril.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA