Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Relawan Targetkan 12 Juta Suara di Jawa Barat untuk Jokowi

Selasa 12 Feb 2019 03:26 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah pendukung calon presiden nomor urut 01 saat akan membeli merchandise pada deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Ahad (3/2).

Sejumlah pendukung calon presiden nomor urut 01 saat akan membeli merchandise pada deklarasi dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta, Ahad (3/2).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ada 5.520 relawan kami yang akan bergerilya door to door ke masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Relawan yang tergabung dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) targetkan kemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di Jawa Barat pada Pilpres 2019. Sebanyak 12 juta suara di Jawa Barat siap diamankan Samawi untuk pasangan nomor urut 01.

“Ada 5.520 relawan kami yang akan bergerilya door to door ke masyarakat tentang keunggulan Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata Sekretaris Jenderal Samawi Aminuddin Maruf kepada wartawan, di Kota Bogor, Senin (11/2).

Dia menjelaskan, door to door yang dilakukan akan menyisir tiap-tiap desa dan kelurahan di Jawa Barat dengan total target tujuan ke tiga juta rumah. Kalkulasi dari target rumah yang akan disambangi itu, kata dia, memunculkan estimasi target suara yang dapat diraup, yakni 12 juta suara.

Jelang Dilantik, Khofifah Masih Sempat Kampanyekan Jokowi

Aminuddin mengakui, suara Jokowi di Jawa Barat dalam Pilpres 2014 kalah tipis dari Prabowo. Oleh karena itu, dalam sepekan ke depan pihaknya akan melakukan pembekalan kepada para kordinator di tingkat desa dan kelurahan. Dalam pembekalan tersebut, kata dia, relawan akan diberikan pemahaman tentang bagaimana menangkal isu, fitnah, dan hoaks yang kerap ditujukan kepada pasangan nomor urut 01.

“Maka kalau ada isu, kita akan berikan data sebenarnya. Kalau ada fitnah, kita langsung siapkan fakta yang ada untuk menangkal fitnah tersebut,” katanya.

Selain itu, Aminuddin juga menjelaskan, Samawi akan melakukan pembekalan kepada para relawannya agar dapat menyampaikan capaian keberhasilan pemerintahan Jokowi dan juga target program bila terpilih kembali menjadi presiden pada 2019 ini. Selain di Jawa Barat, dia juga menargetkan kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin di Banten dan DKI Jakarta.

Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jawa Barat berjumlah 33 juta, Bogor merupakan salah satu wilayah yang dijadikan parameter pemenangan suara. Aminuddin menyebut, relawan Samawi se-Kota Bogor berjumlah 511.

“Dengan jumlah itu, kami akan pastikan target suara di Kota Bogor akan tercapai. Kita ingin pasangan nomor urut 01 berhasil menang di Bogor sebanyak 80 persen,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA