Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Mbah Moen Ajak Kiai Kampung Tasik Dukung Jokowi-Maruf

Selasa 19 Feb 2019 08:52 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Andri Saubani

Ribuan petani di Priangan Timur (Priatim) menggelar dekrasi  dukungan untuk capres-cawapres nomor urut 01. Deklarasi itu digelar di  Islamic Centre Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (18/2).

Ribuan petani di Priangan Timur (Priatim) menggelar dekrasi dukungan untuk capres-cawapres nomor urut 01. Deklarasi itu digelar di Islamic Centre Kabupaten Tasikmalaya pada Senin (18/2).

Foto: Republika/Erik Iskandarsjah Z
Ajakan itu ia sampaikan dalam deklarasi kiai kampung Tasikmalaya pada Senin malam.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA—Ulama dari Rembang, KH Maimun Zubair atau Mbah Moen mengajak kiai kampung di Tasik untuk mendukung Joko Widodo-Ma’aruf Amin dalam pemilu 2019. Ajakan itu ia sampaikan dalam deklarasi kiai kampung Tasikmalaya pada Senin (18/2) malam.

"Kita dukung dan doakan agar capres-cawapres nomor urut satu bisa menang. Kita juga harus doakan agar keamanan dan kesuksesan bangsa ini," kata Mbah Moen.

Menurutnya, pasangan nomor urut satu perlu didukung karena Jokowi telah memiliki bukti kinerja nyata dan didampingi oleh kiai yang dapat mengayomi umat Islam di Indonesia. Dalam kesempatan itu, ia pun sempat menyampaikan pesan agar para tokoj agama dapat berperan dalam menekan persebaran hoaks. Peran ini dinilai sangat penting demi menjaga kerukunan di tengah masyarakat.

"Kiai kampung merupakan tokoh yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Keberadaanya pun dapat berperan dalam menangkal penyebaran hoaks," ujarnya.

Baca Juga

Pemimpin Pondok Pesantren Baitul Hikmah Haur Kuning Tasik, KH Busyrol Kariem Zuhri mengatakan, kiai kampung ini nantinya akan turut mensosialisasikan di wilayahnya masing-masing terkait dukungan untuk Jokowi. Selain itu, lanjutnya, kami juga berharap para kiai kampung ini juga dapat terus mendoakan bangsa dan kemenangan Jokowi di daerahnya masing-masing.

Dengan seluruh rangkaian upaya ini, ia pun optimisitis perolehan suara Jokowi di Jawa Barat kali ini dapat lebih baik dibanding dengan pemilu sebelumnya. Menurutnya, perolehan suara pada Pemilu 2014 banyak terpengaruh oleh hoaks. Kali ini, setelah masyarakat lebih dewasa dalam menghadapi hoaks, ia optimisitis perolehan suara Jokowi akan lebih baik.

Terkait dengan kiai kampung sendiri, ia menekankan bahwa kiai kampung adalah tokoh agama yang terjun langsung di tengah masyarakat dan rutin memberikan kajian di wilayahnya masing-masing. Peran kiai kampung pun dinilai sangat penting mengingat kedekatan kiai tersebut kepada warga sekitar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA