Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

Monday, 17 Sya'ban 1440 / 22 April 2019

TKN Bertekad Balas Kekalahan Jokowi di Sumbar

Kamis 21 Feb 2019 08:17 WIB

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Muhammad Hafil

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN), Maman Imanulhaq

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN), Maman Imanulhaq

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Jokowi mengalami kekalahan telak di Sumbar pada 2014 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin meresmikan pendirian Rumah Kerja (rumker) Relawan #01 perdana di Payakumbuh, Sumatra Barat (Sumbar). Pembangunan rumker ini dilakukan guna membalikan kekalahan Jokowi pada Pemilu 2014 lalu.

Baca Juga

"Jadi nanti seluruh simpul relawan, bisa berkumpul di Rumker. Nanti, satu arahan dan saling berbagi dari pusat," kata Direktur Relawan TKN Maman Imanulhaq dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (21/2).

Maman mengapresiasi langkah yang diambil relawan di Sumbar. Dia mengatakan, keberadaan rumker tersebut diharapkan menjadi penyulut semangat pergerakan upaya pemenangan Jokowi-Ma'ruf di kawasan tersebut.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mengatakan, kekuatan TKN terletak di relawan. Dia melanjutkan relawan merupakan antitesa kekuatan partai politik (parpol) yang bersifat mobilisasi. Dia menambahkan, relawan cenderung bersifat partisipasi sehingga memunculkan politik partisipatif.

Maman berharap, keberadaan rumker perdana ini akan diikuti oleh pembangunan rumker-rumker lainnua di Provinsi di Sumatera. Dia mengatakan, Jokowi akan menang dengan kekuatan rakyat Indonesia, bukan kekuatan kapitalis.

"Kita tidak boleh menang dengan merendahkan orang lain. Menanglah dengan kepercayaan diri, jangan berdendang di gendang lawan. Jangan ikut ikutan sebar fitnah," kata Maman lagi.

Dalam pemilu 2014 lalu, Jokowi mengalami kekalahan telak di Sumbar melawan Prabowo Subianto. Saat itu, pasangan Jokowi-Jusuf Kalla hanya mendapatkan 23,08 persen suara. Angka itu tertinggal jauh dari pasangan Prabowo-Hatta Rajasa dengan 76,92 persen. Total suara sah sebanyak 2.336.813.

TKN mengaku membidik kemenangan di kawasan tersebut bersamaan dengan dibangunnya rumker tersebut. Ketua Rumah Kerja Sumatera Barat Muhammad Bayu Vesky mengatakan, pihaknya akan bekerja mengampanyekan Jokowi-Ma'ruf dari pintu ke pintu masyarakat.

"Kita fokus door to door karena ini penting untuk merontokan lumbung suara 02 pada 2014 lalu," kata Muhammad Bayu Vesky.

Dia mengatakan, gerakan pemenangan pasangan calon (paslon) nomor urut 01 ini akan dilakukan oleh para relawan yang telah terdaftar berjumlah 1.000 orang lebih. Dianmengarakan, ribuan relawan itu tersebar mulai dari Kabupaten, Kota, Kecamatan dan nagari-nagari serta Kelurahan bahkan sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara, peresmian rumker relawan #01 Sumbar ini dihadiri sejumlah tokoh dan seluruh koordinator simpul relawan di Tanah Minang. Bayu mengatakan, lebih dari 20-an koordinator simpul relawan hadir dalam peresmian guna menyongsong kemenangan paslon 01.

Hadir juga dalam acara ini Ketua Forum Relawan Pendukung Jokowi Sumbar Mayjend TNI (Purn) Hartind, Ketua Jenggala Center Sumbar Firdaus HB, Ketua Muhanmadiyah Sumbar Syofwan Karim, sejumlah pengurus NU, beberapa mantab Komisioner KPU, sejumlah ketua parpol pengusung dan pendukung dan ratusan koordinator simpul relawan Sumbar dan Relawan Luak Limopuluah (Reall Jokowi). Rencananya, rumker relawan serupa bakal ditambah di Kota Padang dan Kota Solok.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA