Wednesday, 13 Rajab 1440 / 20 March 2019

Wednesday, 13 Rajab 1440 / 20 March 2019

Mendagri Minta Daerah Susun Perda Dukung Indonesia Bersih

Jumat 22 Feb 2019 10:10 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Esthi Maharani

Tjahjo Kumolo

Tjahjo Kumolo

Foto: Setkab.go.id
Tjahjo juga menekankan komunikasi antar perangkat daerah harus terjalin dengan baik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta perangkat daerah menggalakkan gerakan Indonesia bersih di daerah masing-masing. Salah satunya melalui peraturan daerah yang mendukung Indonesia bersih dan sehat di daerah. Hal itu disampaikan Tjahjo saat menghadiri Rapat Kerja Nasional, Pusat dan Daerah, serta Launching Gerakan Indonesia Bersih di Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Kamis (21/2).

“Mohon segera menyusun peraturan daerah yang mendukung Indonesia bersih dan sehat di daerah, melakukan inovasi dalam pengelolaan sampah di daerah, kemudian melibatkan elemen masyarakat, membangun sinergi dan konektivitas perangkat daerah," ujar Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima wartawan, Kamis (21/2).

Tjahjo juga menekankan komunikasi antar perangkat daerah harus terjalin dengan baik untuk mengelola masalah sampah dan kebersihan suatu wilayah yang juga menyangkut daerah lain. Hal ini dilakukan agar permasalahan sampah bisa ditangani seefektif mungkin. Sebagai permulaan, Tjahjo meminta daerah seperti DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang untuk sinergi dalam membenahi persoalan sampah.

"Saya minta DKI menyisihkan anggarannya untuk kota Depok, Bekasi, Tangsel, Tangerang  supaya masalah persampahan ini bisa terintegrasikan dan kerjasama dengan daerah-daerah yang ada. Semua daerah-daerah kalau ada sinergitas akan sangat baik,” kata Tjahjo.

Menurutnya, yang terpenting adalah membangun komunikasi antar daerah terkait tata ruang di wilayah masing-masing, sebelum nantinya menyiapkan Peraturan Daerah (perda) masing-masing.

Ia melanjutkan, salah satu pekerjaan rumah yang berkaitan dengan gerakan Indonesia bersih adalah berkenaan Program Prioritas Nasional BUMD (Badan Usaha Milik Daerah)  di bidang pemberdayaan dan pelayanan kepada masyarakat di sektor air minum. Ia pun meminta daerah serius berkenaan program di sektor air minum tersebut. Selain itu, Tjahjo juga mendorong gerakan bersih disektor lainnya, seperti sektor pariwisata.

"Perlu ada gerakan yang sama, gerakan bersih yang  menunjang sektor-sektor pariwisata khususnya,” kata Tjahjo.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA