Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Ical: Sukses Itu Berawal dari Ide

Rabu 29 Feb 2012 16:32 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Heri Ruslan

Aburizal Bakrie

Aburizal Bakrie

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI —- Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar), Aburizal Bakrie memulai roadshow ke Kabupaten/Kota Sukabumi, Rabu (29/2) pagi. Rencananya pemimpin partai berlambang beringin ini akan berada di Sukabumi selama dua hari.

Pada hari pertama kunjungannya di Sukabumi, Aburizal Bakrie yang sering disapa Ical ini mendatangi SMK 1 Cibadak dan Pesantren Al-Masthuriyah. Di tempat itu Aburizal Bakrie memberikan ceramah motivasi kepada para siswa dan santri yang bertemakan ‘Mencapai Sukses Kehidupan’.

Kedatangan Ical ke Sukabumi didampingi Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Irianto MS Syafiuddin atau Yance dan Anggota DPR RI dari Golkar, Dewi Asmara. ‘’Kesuksesan bermula dari ide,’’ ujar Ical, dalam pemaparan ceramahnya di hadapan puluhan pelajar SMK 1 Cibadak. Menurutnya, kunci sukses tidak selamanya diawali dengan adanya modal usaha dalam bentuk uang.

Selain mempunyai ide, kata Ical, kesuksesan dapat diraih dengan disertai adanya semangat, konsistensi, dan optimisme. Jika mengalami kegagalan, maka harus cepat bangkit dan mengambil hikmahnya.

Dalam kesempatan itu pula, Ical mengungkapkan pernah mengalami kebangkrutan di 1998 lalu. Pada waktu itu Ical memiliki utang yang besar. Namun, kebangkrutannya tidak menyebabkannya putus asa. Ia bisa bangkit di awal 2001 dengan memulai usaha di bidang yang dibutuhkan orang banyak yaitu energi, air, dan makanan.

Ical menerangkan, kehadirannya di kalangan pelajar untuk memberikan pengalaman suksesnya. Kegiatan semacam ini diperlukan untuk memacu semangat pelajar. ‘’Para pelajar pun harus terbiasa membaca buku orang-orang yang sukses’’ imbuh dia. Salah satunya, novel berjudul ‘ Sejuta Bintang’ yang menceritakan pengalaman hidupnya di masa kecil.

Kepala SMKN 1  Cibadak, Yudi Karyudi mengatakan, kehadiran Aburizal Bakrie di sekolah diharapkan menggugah pelajar untuk berwirausaha. Terlebih, para pelajar SMK mempunyai keahlian dalam teknologi hasil pertanian. Saat ini para kegiatan usaha masih terkendala masalah permodalan dan pemasaran.

Selain mengunjungi sekolah dan pesantren, Ical juga mengunjungi perusahaan garment PT Muara Griya Lestari dan perusahaan alat kesehatan PT Sarandi Karya Utama, Kecamatan Cisaat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA