Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

'Jangan Pilih Caleg Malas'

Kamis 30 May 2013 09:53 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: A.Syalaby Ichsan

Sebastian Salang

Sebastian Salang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Sebastian Salang mengatakan, banyaknya calon anggota legislatif incumbent yang dicalonkan kembali menunjukkan parpol tidak berani mengambil resiko.

Terkadang parpol tetap mencalegkan incumbent walaupun kinerjanya kurang baik hanya untuk meraih suara dan kursi semata.

 Kalau parpol tidak melakukan  evaluasi secara serius terhadap incumbent-nya yang duduk di DPR, maka jangan berharap pemilu mendatang akan menghasilkan anggota dewan yang lebih baik. "Seharusnya incumbent yang malas tidak dicelegkan kembali oleg parpolnya sebagai bentuk hukuman,"katanya, Kamis (3/5).

Seorang anggota dewan atau politisi, terang Sebastian, merupakan orang yang memiliki tanggung jawab besar dan harus bekerja keras. Makanya tidak sembarangan orang bisa menjadi politisi sekaligus wakil rakyat yang baik.

Anggota DPR, kata Sebastian, dipanggil dengan sebutan  anggota dewan yang terhormat.Sebab mereka  memiliki tanggung jawab yang besar dan mengemban amanah rakyat.

Untuk mengetahui seorang incumbent itu benar-benar bekerja keras bagi  rakyatnya atau tidak bisa dilihat dari kinerjanya. "Jika kinerjanya tetap baik dan tidak berubah antara saat nyaleg dan setelah terpilih menjadi anggota DPR,ini menunjukkan ia merupakan anggota dewan yang  baik," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA