Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Demokrat: Kami Tuan Rumah, PKS Tamu

Rabu 26 Jun 2013 13:25 WIB

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Mansyur Faqih

Achsanul Qosasih

Achsanul Qosasih

Foto: antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan memintai pendapat para kadernya di daerah soal nasib Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di koalisi. Hal itu akan dilakukan SBY dalam rapat Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Demokrat di Hotel Sahid Jakarta, Sabtu (29/6). 

"Pak SBY berdiskusi dengan daerah dalam fungsi ketua umum," kata Ketua DPP Partai Demokrat, Achsanul Qosasih kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (26/6).

Di Rakornas Demokrat, lanjutnya, SBY akan meminta masukan dari para pengurus DPC di seluruh Indonesia soal kondisi partai dan koalisi. Dia menilai apa yang akan dilakukan SBY sebagai sesuatu yang wajar mengingat polemik PKS juga memengaruhi dinamika internal Demokrat. "Menurut saya wajar," ujarnya.

Dalam konteks koalisi, Achsanul mengibaratkan posisi Demokrat sebagai tuan rumah dan PKS sebagai tamu. Hal ini lantaran menurutnya partai-partai yang koalisi yang tergabung di pemerintah sekarang ada karena ajakan dari Demokrat. "Kami tuan rumah. Pada saat koalisi kami mengundang semua partai untuk bergabung. Kami ingin menjalankan rumah ini dengan benar," kata Achsanul.

Ia menyatakan, Demokrat tidak dalam posisi mengusir PKS dari koalisi. Menurutnya polemik yang terjadi lebih baik disikapi sendiri oleh PKS. Namun sebagai tamu yang baik, Achsanul berharap PKS bisa memahami bahasa tubuh tuan rumah. "Saat posisi tuan rumah body language tidak bagus, kan tamu biasanya tahu sendiri," ujarnya.

Selain membahas soal nasib PKS di koalisi, Rakornas juga akan membahas soal strategi pemenangan Demokrat dan penetapan daftar caleg tetap di pemilu 2014. "Setelah DCT mereka akan berupaya mendapat kepercayaan rakyat agar pemilu dapat kita menangkan kembali," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA