Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Forum Rektor Indonesia Apresiasi Program Prabowo

Sabtu 11 Jan 2014 20:26 WIB

Red: Mansyur Faqih

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto .

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto .

Foto: Antara/Andika Wahyu

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Laode M Kamaluddin menilai program yang disampaikan Prabowo Subianto sebagai capres termasuk bagus.

"Rata-rata yang kami undang itu programnya bagus-bagus. Salah satunya Prabowo itu termasuk bagus programnya," katanya di Semarang, Sabtu (11/1).

Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang itu juga memandang positif Mahfud MD dan Jusuf Kalla.  

Laode menjelaskan, FRI ingin membantu mencari sosok pemimpin terbaik untuk Indonesia ke depan melalui sebuah sistem mirip konvensi. Caranya, dengan mengundang sejumlah tokoh yang dianggap layak untuk maju.

Sejauh ini, kata dia, FRI telah mengundang sebanyak 12 tokoh yang dianggap layak maju sebagai calon pemimpin Indonesia ke depan.

"Yang lain-lain semuanya juga bagus. Akan tetapi, kami melihat ada beberapa yang sistematikanya sudah kelihatan urut-urutannya dengan baik," katanya.

Setidaknya, lanjut dia, ada enam kriteria calon pemimpin dari aspek pribadi yang dirumuskan. Antara lain, rekam jejaknya bersih, mampu mengantarkan bangsa Indonesia menjadi besar, dan berpihak kepada rakyat miskin.

Namun, FRI menilai calon pemimpin terbaik itu bukan semata dari sosoknya. Melainkan dari program-program yang ditawarkannya jika terpilih untuk memimpin Indonesia ke depan.

"Masalah bangsa ini hanya bisa diselesaikan bukan oleh popularitas, melainkan oleh program. Biar lah program yang elektabilitasnya tinggi, bukan orangnya. Kami menilai dari programnya," katanya.

Dari sejumlah tokoh yang sudah diundang, FRI bakal menyaring tiga sosok yang programnya dinilai terbaik. Keputusannya akan dismpaikan tiga bulan lagi dan selanjutnya akan diajukan ke partai politik.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA