Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Wednesday, 14 Zulqaidah 1440 / 17 July 2019

Poros Gerindra-PKS Selangkah Lagi?

Senin 28 Apr 2014 02:22 WIB

Rep: C54/ Red: Citra Listya Rini

Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin

Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hampir bisa dipastikan bergabung dengan Partai Gerindra untuk membangun koalisi pada Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang. Kesimpulan tersebut mengemuka setelah Presiden PKS Anis Matta memberi keterangan menganai hasil rapat Majelis Syuro PKS yang digelar di kantor DPP PKS, Ahad (27/4).

"Majelis Syuro telah membentuk satu tim komunikasi politik yang resmi untuk melakukan penjajakan yang serius. Tentang kemungkinan kita berkoalisi salah satunya dengan Gerindra," kata Anis kepada wartawan.

Anis menambahkan, "Diantara komunikasi politik yang paling serius adalah yang dilakukan Pak Prabowo. Terutama karena beliau sudah mengirimkan surat secara resmi".

Menurut Anis, ada tiga hal utama yang akan dibicarakan dengan pihak Gerindra sebagai arahan Majelis Syuro, yakni soal koalisi yang akan dibangun. Soal strategi pemenangan, serta mengelola pemerintahan jika koalisi mereka berhasil menang. 

"Kita akan membahas tiga item utama, pertama karcisnya, dalam hal ini paling sedikit diperlukan tiga partai. Kedua how to win, bagaimana kita akan memenangkan pertarunagn. Ketiga how to govern, seandainya menang bagaimana kita akan mengelola pemerintahan di masa yang akan datang," kata Anis, yang tampil didampingi Sekjen PKS Taufik Ridho.

Menurut Anis, pembicaraan dengan pihak Gerindra akan dilakukan oleh tim komunikasi yang sudah ditunjuk, yakni dipimpin langsung oleh Sekjen PKS Taufik Ridho. Selain Taufik Ridho, empat orang anggota tim lainnya adalah Ketua Fraksi PKS di DPR Hidayat Nurwahid, Wakil Ketua DPR Sohibul Iman, serta dua petinggi PKS lainnya, yakni Mahfudz Abdurahman, dan Muzzamil Yusuf. 

Rapat Majelis Syuro PKS yang digelar merupakan respon atas 'pinangan' koalisi dari Gerindra, yang secara resmi diajukan Prabowo melalui surat, setelah sebelumnya bertemua dengan Presiden PKS Anis Matta dan Ketua Majelis Syuro PKS Hilmi Aminuddin beberapa hari lalu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA