Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

Thursday, 24 Syawwal 1440 / 27 June 2019

SBY 'Ospek' Jokowi di Istana

Ahad 19 Oct 2014 18:13 WIB

Red: Esthi Maharani

Presiden SBY bersama Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono.

Presiden SBY bersama Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memperkenalkan seluk beluk istana kepresidenan kepada presiden terpilih, Joko Widodo. Hal itu diawali ketika SBY menyambut Jokowi di teras Istana Merdeka pada pukul 16.00, Ahad (19/10).

"Apa kabar? Terima kasih sudah mau mengabadikan. Doakan supaya kita punya tradisi politik yang baik yah," katanya sambil menunggu Jokowi tiba.

SBY dengan sabar menunggu kedatangan Jokowi beserta rombongan. Selang 10 menit, Jokowi pun tiba dengan mobil bernomor polisi B 1925 RFS. Jokowi yang menggunakan batik lengan panjang tersenyum dan menyalami SBY. Keduanya tertawa.

"Terlihat lebih muda ya," kata SBY memuji Jokowi.

Keduanya pun langsung memasuki Istana Merdeka. SBY pun mulai mengajak Jokowi keliling kompleks istana kepresidenan. Ia menunjukkan beberapa ruangan yang ada di Istana Merdeka yang biasanya dipakai untuk menyambut tamu kenegaraan.

Setelah itu, SBY mengajak Jokowi pindah gedung ke kantor presiden. Di sana, SBY menunjukkan ruangan kerjanya, ruangan tempat menunggu tamu-tamu penting dari dalam dan luar negeri. Ia pun menunjukkan ruang sidang kabinet paripurna, ruang sidang kabinet terbatas, hingga podium tempat biasa dilakukan konferensi pers.

SBY pun melanjutkan perjalanan ke Istana Negara. Di sana, SBY menggeser komposisi foto yang ada di Istana Negara dan menyisakan satu tiang untuk dipasang foto presiden yang baru.

"Nah di sini, kita ada foto-foto presiden dari setiap zaman. Kita sudah geserkan. Tadinya foto saya ada di sini (tiang paling akhir) tapi semuanya digeser, jadi ada satu tiang kosong untuk foto presiden berikutnya," katanya yang disambut ucapan terima kasih dari Jokowi.

Setelah itu, SBY mengajak Jokowi ke wisma Negara. Di situ biasanya dipakai sebagai ruangan atau tempat menginap tamu negara. SBY juga menunjukkan halaman tengah istana kepresidenan yang biasa dipakai untuk olah raga.

Terakhir, SBY dan Jokowi menyaksikan gladi bersih pelepasan presiden lama dan penyambutan presiden baru di halaman Istana Merdeka. Acara tersebtu digelar secara militer.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA