Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Presiden Berikan Penghormatan Pada 9.568 Pahlawan

Senin 17 Aug 2015 08:16 WIB

Red: Esthi Maharani

Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Foto: www.jakarta.go.id

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghormatan kepada 9.568 pahlawan Republik Indonesia yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, dalam rangka memperingati HUT ke-70 RI.

"Kami yang hadir hari ini, Senin 17 Agustus 2015 pukul 00.00 WIB pada upacara untuk mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa bangsa yang bersemayam di makam ini," ujar Jokowi saat membacakan apel kehormatan dan renungan suci, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (17/8).

Dalam apel kehormatan dan renungan suci tersebut, Jokowi juga memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan tidak dikenal di seluruh pelosok Indonesia.

Jokowi juga mendoakan agar para pahlawan ditempatkan di tempat yang sebaik-baiknya di sisi Tuhan.

"Perjuangan saudara adalah perjuangan kami, jalan kalian juga adalah jalan kami. Semoga arwah saudara diterima Tuhan di tempat sebaik-baiknya," ucap Presiden Jokowi.

Upacara ini juga dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla dan para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, para kepala staf angkatan dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain apel kehormatan dan renungan suci, dilakukan pula prosesi penyalaan obor dan mengheningkan cipta. Upacara apel kehormatan dan renungan suci tersebut dimulai tepat pukul 00.00 WIB, Senin, 17 Agustus 2015 dan berlangsung sekira 15 menit.

Upacara renungan suci juga menandai dimulainya detik-detik proklamasi yang akan diperingati tepat pukul 10.00 WIB setiap tanggal 17 Agustus.

HUT Indonesia dipusatkan di Istana Negara dengan atraksi utama dentuman meriam 17 kali dan pengibaran bendera Merah Putih.
Upacara ini juga dihadiri oleh para Menteri Kabinet Kerja, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, para kepala staf angkatan dan sejumlah pejabat lainnya.

Bertugas selaku komandan upacara adalah Komandan upacara Kolonel Penerbang Agus Setiawan S.T.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA