Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Selasa, 20 Zulqaidah 1440 / 23 Juli 2019

Gerindra Harap Pertemuan SBY-Prabowo Matangkan Koalisi

Senin 23 Jul 2018 20:40 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Prabowo dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Prabowo dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Foto: EPA/ Bagus Indahono
Yang terpenting adalah penjajakan koalisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut, pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Selasa (24/7) esok, kemungkinan akan mematangkan koalisi kedua partai.

"Itu bisa saja terjadi. Namanya politik dinamis, apa pun bisa terjadi dari mulai hubungan silaturahim sampai koalisi," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/7).

Dasco sendiri belum dapat memastikan hasil dari pertemuan kedua tokoh tersebut. Namun, kata dia, yang terpenting adalah penjajakan koalisi.

"Ya, mengenai pembicaraan besok itu kan bisa berkembang berbagai macam hal. Yang penting adalah besok bagaimana penjajakan koalisi partai," kata Dasco.

Apalagi, kata Dasco, sudah ada tawar-menawar antara Partai Demokrat dan Partai Gerindra. "Kalau tawar-tawaran sudah dari beberapa waktu yang lalu disampaikan oleh Demokrat. Mudah-mudahan aja jodoh lah," ujarnya.

Dasco mengungkapkan, terkait rencana koalisi Gerindra dan Demokrat nantinya akan dibicarakan lebih lanjut dengan PKS dan PAN. Ia juga meyakini, mitra koalisi juga akan menerima Demokrat dalam koalisi jika nanti bergabung dengan poros Prabowo.

"Saya pikir kalau dijelaskan dengan baik-baik dengan tujuan yang sama, semua pihak bisa berlapang dada menerima," kata anggota Komisi III DPR itu.  

Sementara, Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan kembali menegaskan, arah koalisi Partai Demokrat masih menunggu hasil pertemuan antara Ketua Umum Demokrat SBY dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Pertemuan itu sempat tertunda karena kondisi SBY yang sempat menurun.

"Kita tunggu hasilnya, kita biarkan dulu (kedua petinggi partai) berdialog. Sekarang pertemuan di antara elitenya, ya ada nanti tingkat tingginya saya dan teman-teman dari Demokrat dari Gerindra terus berdialog. Sampai nanti kemudian pertemuan antara Pak Prabowo dan Pak SBY nanti sudah sedikit matang," tutur Hinca kepada wartawan, Jumat (20/7).

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA